Peringatan Hari Pendidikan Nasional Di Poliban


Hari Pendidikan Nasional atau HARDIKNAS , diperingati seluruh warga Indonesia khususnya penduduk Indonesia yang bergelut di Dunia Pendidikan, Hari Pendidikan Nasional ini diperingati pada Tanggal 2 Mei setiap tahunnya. Tanggal 2 Mei sebenarnya adalah tanggal lahir dari tokoh pendidikan nasional yaitu Ki Hajar Dewantara, dia yang dulu memperjuangkan pendidikan bagi bangsa Indonesia dijaman penjajahan Belanda yang mengakibatkan dia diasingkan ke Belanda.

Ketika dia pulang ke Indonesia dia membuat Taman Siswa sebagai tempat belajar dan diapun diangkat menjadi Menteri Pendidikan ketika Indonesia merdeka dan membuat Semboyan "Tut Wuri Handayani" yang artinya "Di Belakang memberi dorongan", yang akhirnya semboyan itu digunakan di dunia pendidikan Indonesia sampai sekarang. Selain Tut Wuri Handayani, Ki Hajar Dewantara memiliki dua kata lagi untuk dunia pendidikan Indonesia, yaitu "Ing Ngarso Sung Tulodo" yang artinya "di depan memberi teladan" dan "Ing Madyo Mangun Karso" yang artinya "di tengah membangun karya"


Meskipun bukan hari libur nasional, Hari Pendidikan Nasional dirayakan secara luas di Indonesia. Begitu pula dengan Politeknik Negeri Banjarmasin yang ikut memperingati sekaligus menghormati Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei 2014 kemarin. Bertempat dilapangan Bola Basket Poliban, acara pada hari itu dihadiri oleh mahasiswa, dosen serta civitas akademika lainnya.

Peringatan Hardiknas hari itu juga dibarengi dengan penyerahan Penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada para Dosen dan Staf Pengajar yang berdedikasi tinggi. Diupacara ini juga Direktur POLIBAN Ir. Darmawani MT.  menyampaikan sambutan dari Dr. Ir. Muhammad Nuh selaku Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tentang peringatan HARDIKNAS 2014. Tapi HARDIKNAS ini jangan hanya di peringati dengan upacara saja, tetapi juga harus di ikuti dengan kemajuan kualitas dan kemajuan dunia pendidikan di Indonesia, khusus nya di kampus kita ini.


Peringatan Hari Pendidikan Nasional Di Poliban Peringatan Hari Pendidikan Nasional Di Poliban Reviewed by dadan on Senin, Juni 02, 2014 Rating: 5

Tidak ada komentar