Orasi Pemilu Raya Politeknik Banjarmasin


Tak terasa 2014 telah berlalu , begitupun seharusnya tahun 2015 pun datang menghampiri. Begitu juga dengan kepengurusan baru Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Politeknik Negeri Banjarmasin. Lapangan basket yang biasa sepi tak berpenghuni , pagi ini dipenuhi riuh dari para mahasiswa serta dilengkapi dengan jejeran tenda yang menaungi deretan bangku yang sudah disusun dengan rapi. Pasalnya, pagi ini (Kamis, 5 Maret 2015) berlangsung acara Orasi pemilihan Calon Presiden Mahasiswa dan Calon Wakil Presiden Mahasiswa periode 2015 – 2016, Acara yang juga dihadiri oleh Pembantu Direktur III , Presiden Mahasiswa BEM periode 2014 – 2015, perwakilan dari Organisasi Mahasiswa Poliban, serta Tim Sukses dari masing – masing calon kandidat ini berlangsung dengan sangat meriah.

Ada tiga kandidat yang mencalonkan diri sebagai Presiden Mahasiswa. Kandidat pertama adalah pasangan Faisal Rahman sebagai Calon Presma dan Indra Apriansyah sebagai Calon Presma. Kandidat kedua, yaitu Ade Satria sebagai Calon Presma dan Hamidah sebagai Calon Wapresma, sedangkan kandidat ketiga adalah Ahmad Rizki Imanudin sebagai Calon Presma dan Riana sebagai Wapresma.
 Foto : Para Kandidat Berfoto Bersama


Acara dimulai dari sambutan Bapak Zainal Abidin,SST,MT selaku Pembantu Direktur 3, dilanjutkan dengan perkenalan diri setiap kandidat beserta penyampaian visi dan misi yang mereka usung.

Masing-masing kandidat memiliki visi dan misi yang berbeda. Kandidat pertama mempunyai Visi untuk mengembangkan Poliban dan meningkatkan kualitas sumber daya, sedangkan misinya adalah menggali dan menumbuhkembangkan potensi mahasiswa. Kandidat kedua memiliki visi untuk menjadikan BEM yang peduli, bermasyarakat, berdedikasi tinggi, profesional, tangguh dan menanamkan nilai etika, misinya adalah menciptakan solidaritas rasa kekeluargaan di kampus untuk menginspirasi  dalam belajar, bekerja dan berkarya. Kandidat yang ketiga mengusung visi menjadikan Bem sebagai organisasi yang menampung aspirasi mahasiswa berdasarkan kemandirian dan profesional.

Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang diajukan oleh Bapak Zainal Abidin,SST,MT, Ormawa dan mahasiswa lainnya. Ketika masing-masing ditanya apa keunggulan sehingga mereka berhak dipilih sebagai Presma dan Wapresma, Kandidat pertama menjawab, “Karena berasal dari BEM, kami tahu kekurangan dan kelebihan dan apa yang harus dibenahi dari BEM. Kita tidak ada waktu lagi untuk belajar dari awal karena kita sudah punya proker yang harus dikerjakan, yang ada hanya pengembangan. Untuk kandidat kedua mempunyai jawabannya sendiri, “ saya berdiri disini membawa dua hal, yatu keyakinan diri saya dan kepercayaan kalian. Ketika kalian percaya, maka saya akan memberikan bahwa kalian bisa lebih baik lagi kedepannya.” Sedangkan kandidat ketiga menjawab, “Karena kami siap memimpin kalian semua.

Setelah sesi tanya jawab, dilanjutkan dengan penyampaian harapan dari masing-masing kandidat. Kandidat pertama memiliki harapan bahwa Poliban akan lebih berkembang dengan mahasiswa berprestasi dalam bidang akademik maupun non-akademik. Kandidat kedua mempunyai harapan dimana semua saling membantu pemimpinnya kelak, karena tanpa kepercayaan dari semua elemen mahasiswa, seorang pemimpin tidak berarti apa-apa. Sedangkan kandidat ketika berharap bahwasannya Poliban akan menjadi perguruan tinggi yang maju karena mahasiswa baik, unggul dan agamis, dimana mahasiswanya dapat menyalurkan hak suara karena hal itu sangat berarti dan berharap agar mahasiswa lebih berperan aktif untuk membantu BEM.
  
Setelah itu merupakan acara penutupan yang diisi dengan doa, acara selesai sekitar jam 10 pagi. Para mahasiswa terlihat antusias dengan acara ini, apalagi setelah acara penutup diisi dengan acara hiburan dimana beberapa mahasiswa tampak menyalurkan bakat menyanyinya. Harapanya orasi Pemilu Raya dapat ini membawa dampak positif untuk tiap-tiap mahasiswa dan semoga seluruh mahasiswa dapat berperan aktif dalam pemilihan langsung Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa yang akan diselenggarakan pada tanggal 9 Maret 2015 mendatang.



Orasi Pemilu Raya Politeknik Banjarmasin Orasi Pemilu Raya Politeknik Banjarmasin Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, Maret 05, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar