Poliban Adakan Program Mahasiswa Wirausaha



                Hampir semua orang berpikir bahwa jika kuliah bisa dapat bekerja dengan gaji besar setelah mendapatkan gelar. Awalnya para calon mahasiswa menganggap dengan mendapatkan gelar, maka bisa menuju jadi kunci menuju kesuksesan dimasa yang akan datang. Padahal di dunia kerja yang diperlukan lebih dari sekedar gelar saja, namun sikap, perilaku, skill dan mental yang siap agar bisa menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mampu bersaing. Maka dari itu “idealnya sekolah itu hanya sebagai salah satu penunjang untuk menjadi sukses”.
                Pihak ETU POLIBAN pun ikut berpartisipasi untuk membangun SDM yang siap bersaing dan dengan mengadakan sosialisasi Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) diruang Multimedia pada 20 Oktober 2015 lalu. Sosialisasi yang sudah dimulai sejak 2009 ini memiliki tujuan untuk membuat tiap mahasiswa mampu menjadi wiraswasta dan usahawan serta membuat mahasiswa memiiki kertertarikan untuk berwirausaha.
                Acara sosialisasi yang biasanya dilaksanakan pada masa mahasiswa baru ini dikhususkan untuk mahasiswa semester 3 dan dihadiri lebih dari 100 mahsiswa dari Jurusan Teknik Mesin, Teknik Sipil, Bisnis dan Akuntansi yang langsung di narasumberi oleh Ir. R. Sofwan Aziz, DIP. ME dari PT. PAL (sebagai Perwakilan Divisi General Surabaya Indonesia) untuk memberikan inspirasi dalam berwirausaha sekaligus menanamkan jiwa tentang wirausaha pada mahasiswa.
                Bisa dibilang program ini merupakan pengembangan lanjutan dari mata kuliah kewirausahaan yang ada di setiap jurusan kecuali Jurusan Teknik Elektro. Selain itu, untuk bisa mengikuti program ini mahasiswa harus menjadi mahasiswa aktif kuliah selama satuh tahun kemudian membuat ide bisnis dalam bentuk proposal yang kemudian dipresentasikan di depan para petinggi. Bagi mereka yang telah lulus akan dilanjutkan dengan pelatihan wirausaha yang menghasilkan suatu rencana bisnis. Untuk anggaran dana yang dikeluarkan pada tahun ini mencapai Rp. 80.000.000,- untuk 16 mahasiswa dengan dana Rp. 5.000.000,-/mahasiswa. Adapun kriteria bisnis yang bisa dipilih analisa ekonomi, analisa pasar, dsb.
                “Adapun schedule PMW dimulai dengan sosialisasi, seleksi ide bisnis, pelatihan dan pembekalan, Start up usaha, kunjungan UKM, monitoring dan evaluasi. Adapun untuk harapannya wirausaha bisa dijadikan profesi setelah lulus serta mampu unutk menyediakan lapangan kerja sehingga dapat dapat merekrut teman temannya untuk membisa kerjasama” kata H. Syamsudin Noor, ST. MT. Selaku ketua ETU.
Poliban Adakan Program Mahasiswa Wirausaha Poliban Adakan Program Mahasiswa Wirausaha Reviewed by Unknown on Senin, November 02, 2015 Rating: 5

Tidak ada komentar