Apa Itu PKM?





Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) merupakan program yang dilaksanakan oleh Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (RISETDIKTI), memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam bentuk sebuah penelitian yang di arahkan untuk kreatifitas mahasiswa.
Pada tahun ini POLIBAN mulai menggiatkan para mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PKM, karena kegiatan ini merupakan perintah langsung dari pusat yang sasarannya diarahkan kepada seluruh perguruan tinggi di Indonesia. PKM merupakan program penelitian mahasiswa yang akan di lakukan setiap tahun di POLIBAN. Sebagai langkah awal, untuk tahun ini PKM hanya sebagai stimulus atau rangsangan untuk para mahasiswa yang memiliki motivasi baru untuk mengembangkan ke ilmuannya, sehingga ide dan gagasan dalam bentuk cipta karsa tersebut dalam bentuknya menjadi sebuah pengabdian masyarakat. Tidak hanya melakukan kegiatan kuliah dalam proses belajar mengajar saja, tetapi mahasiswa juga bisa memacu kreatifitasnya.
Alasan yang paling mendasari adanya PKM adalah karena POLIBAN merupakan perguruan tinggi yang sifatnya vokasi dengan keterampilan dan dapat dengan mudah dikembangan. Adanya PKM sangat baik arahnya untuk mahasiswa yang ada di perguruan tinggi Vokasi, karena dari situlah para mahasiswa diharapkan terpacu atau termotivasi untuk selalu mengembangkan ide dan gagasan baru yang ada dengan menerapkan ilmu-ilmu yang di dapatkan. Secara umum PKM sifatnya tidak terpacu dari perkuliahan, namun sebaliknya perkuliahan yang ada merupakan dasar untuk motivasi para mahasiswa menggalakan ide dan gagasan.
Proses yang dilakukan untuk mengikuti PKM, mahasiwa akan mengajukan proposal dari ide-ide atau gagasan yang akan di kembangkan, kemudian proposal akan diseleksi, setiap proposal PKM yang lolos seleksi akan di danai oleh DIKTI, hasil PKM yang sudah di danai akan mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Ada tujuh bidang yang bisa di Ikuti yaitu: PKM-P (dibidang Penelitian), PKM-K (dibidang Kewirausahaan), PKM-M (dibidang Pengabdian Masyarakat), PKM-T (dibidang Teknologi), PKM-KC (dibidang Karsa Cipta), PKM-AI (dibidang Artikel Ilmiah), dan PKM-GT (dibidang Gagasan Tertulis).

Apa Itu PKM? Apa Itu PKM? Reviewed by LPM Lensa Poliban on Minggu, Mei 01, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar