Perubahan Baru Untuk Sesuatu yang Baik



Orientasi Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (OKKMB) 2016 merupakan kegiatan yang diadakan Politeknik Negeri Banjarmasin untuk mahasiswa baru. Ini merupakan kegiatan institusional yang menjadi tanggung jawab penuh institusi untuk mensosialisasikan kehidupan mahasiswa baru di kampus dan proses pembelajaran yang pelaksanaannya melibatkan unsur-unsur terkait.
Berbeda dari tahun sebelumnya Politeknik Negeri Banjarmasin menyelenggarakan kegiatan serupa namun dengan nama yang berbeda yaitu Sistem Pengenalan Akademik Kampus (SPAK). OKKMB tahun 2016 yang diadakan mulai tanggal 1 sampai dengan 4 Agustus 2016 kemarin itu tentu menimbulkan banyak tanda tanya dari mahasiswa tingkat atas sehingga terciptalah pro dan kontra dikarenakan berubahnya sistematik orientasi tahun ini.

Ibu Dra. Hj. Nurhidayati, M.Pd selaku Wakil Direktur III menjelaskan bahwa OKKMB merupakan program institusi dan institusilah yang bertanggungjawab penuh atas kegiatan tersebut. Tetapi dalam pelaksanaannya melibatkan seluruh civitas akademik. Jadi kepanitiaan maupun kegiatan yang berlangsung saat OKKMB merupakan keputusan dari pihak institusi yang disesuaikan dengan kebijakan baru dalam pelaksanaan kegiatan orientasi studi dan pengenalan kampus mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016 dari Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi yang beredar.
Dari pandangan salah satu mahasiswa baru Baiq Liza Monita dari Prodi Teknik Geodesi, OKKMB yang telah lalu itu memberikan banyak manfaat seperti cara disipilin yang benar, cara bersikap sebagai junior yang menghormati seniornya dan lebih mengenal kampus.
Sebagian besar kegiatan OKKMB tahun ini berlangsung di Gedung Serbaguna untuk penyampaian beberapa informasi dan materi lainnya dari berbagai sumber. Dengan tujuan untuk mempercepat pengadaptasi suasana sehingga mengurangi kendala ketika perkuliahan dimulai, para mahasiswa baru diminta untuk lebih mengenal tentang seputar kampus baik itu mengenai akademik, jurusan, organisasi kemahasiswaan dan lain-lain. Dan yang berbeda lagi dari OKKMB tahun ini jika ada mahasiswa baru melakukan kesalahan akan diberi tugas yang bersangkutan dengan jurusan masing-masing, seperti meresume tentang prodinya dan membuat kliping. Sanksi ini tentu sesuai dengan tujuan dari diadakannya OKKMB 2016 yang bertujuan supaya para mahasiswa lebih mengenal jurusan mereka.
Tahun ini Politenik Negeri Banjarmasin mengadakan Tes Potensi Akademik (TPA) untuk memetakan kemampuan mahasiswa baru yang berasal dari beragam latar belakang pendidikan sehingga lebih mudah dalam proses pembelajaran nantinya.
“Untuk lebih memahami letak kelebihan dan kekurangan dari mahasiswa, sehingga kami bisa mengetahui dibidang mana kekurangannya dan akan kami optimalkan kelebihannya sehingga lebih muncul”. Tutur Wakil Direktur III yang biasa dipanggil ibu Ida tersebut.
Tes Potensi Akademik merupakan tes psikologi yang dapat mengungkap apa yang telah dicapai seseorang secara intelektual seseorang ketika berurusan dengan obyek kata, angka dan gambar. Tes ini sudah berlangsung sejak UMPN dilaksanakan sedangkan mahasiswa baru yang masuk melalui jalur PMDK akan di tes dengan soal yang sama namun bukan sebagai tes penentu kelulusan. Mereka juga akan diberikan materi mengenai perkuliahan dan setelah itu akan di tes kembali oleh pihak institusi untuk melihat perkembangan mereka selama proses Tes Potensi Akademik berlangsung. 
Dengan segala kegiatan yang berlangsung selama OKKMB Wakil Direktur III berharap agar para mahasiswa baru lebih siap untuk menghadapi hari-hari esok dan membuat rencana yang baik agar kuliah tidak terabaikan dan berkreasi lewat suatu organisasi kemahasiswaan baik itu UKM maupun HMJ untuk memaksimalkan potensi yang ada pada diri mereka
Perubahan Baru Untuk Sesuatu yang Baik Perubahan Baru Untuk Sesuatu yang Baik Reviewed by LPM Lensa Poliban on Minggu, Agustus 14, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar