Sidang Tugas Akhir



Setiap mahasiswa politeknik negeri banjarmasin yang berada di semester akhir wajib mengikuti agenda yang selalu dilakukakan oleh mahasiswa yang akan menghadapi wisuda, sidang TA adalah salah satu agenda mahasiswa semester 6 untuk memenuhi ketentuan kelulusan mahasiswa politeknik negeri banjarmasin. TA menjadi bahan penelitian yang di buat untuk membuktikan hasil studi mahasiswa selama 3 tahun di kampus, tujuan TA itu sendiri untuk memecahkan problematika yang ada di masyarakat dan menjadikan masyarakat sebagai objek untuk mengimplementasikan karyanyanya ke masyarakat atau instansi yang lebih tinggi.
Tak berbeda dengan sidang TA tahun sebelumnya,  sidang TA dilakukan sesuai tanggal yang di tentukan dari akademik dari tanggal 15 juli – 05 agustus. Sidang TA dilakukan untuk mempresentasikan hasil kerja atau tugas akhir yang sudah di kerjakan kurang lebih 4 bulan. Untuk sistem sidang TA tergantung ketentuan dari jurusan masing-masing.

Penguji di tentukan oleh jurusan masing-masing, dan penguji di ambil dari tiap prodi masing-masing yang sesuai dengan bidangnya. Biasanya penguji untuk sidang TA ditentukan dari dosen tiap prodi dan pembimbing mahasiswa yang juga berperan untuk membantu mahasiswa menjelaskan arah presentasinya. Jumlah penguji itu sendiri biasanya terdiri dari 2 atau 3 orang penguji yang menguji saat berjalannya sidang TA.
Peran pembimbing disini sendiri adalah membimbing mahasiswa memecahkan masalah TA dengan memberi pengarahan-pengarahan pada mahasiswa. Sidang TA tahun ini berjalan lancar dan tak terlalu banyak yang merevisi, kategori revisi ada dua yaitu revisi minor dan major, untuk revisi minor hanya revisi yang dilakukan untuk perbaikan-perbaikan kecil yang masih bisa di perbaiki tanpa mengubah isinya, sedangkan revisi major adalah revisi yang dilakukan untuk memperbaiki secara keseluruhan yang bisa menyebabkan perubahan-perubahan yang tak sedikit, untuk revisi jarang sekali terjadi.
Pihak akademik sendiri ingin sekali sidang dilakukan dengan penguji dari pihak industri atau instansi yang sesuai bidang prodi mahasiswa, agar pencapaian lulusannya lebih baik. Tapi ini masih menjadi rencana yang akan dilakukan dari pihak akademik dan bisa dijalankan di tahun kedepannya.
Sidang TA sendiri bukan suatu hal yang akan di persulit untuk melakukannya, semua tergantung penguji dan cara penyampaian mahasiswa saat mempresentasikannya. Para penguji tidak akan mempersulit kalau mahasiswa tersebut benar-benar memahami materi yang di presentasikan.satu hari sidang TA bisa 1 sampai 3 mahasiswa yang dapat presentasi tergantung penyampaian dari mahasiswanya. Sidang TA hanya berjalan satu hari jika mahasiswa benar-benar menguasai TA yang di paparkan pada penguji yang akan menguji kemampuan mahasiswa sampai sejauh mana bisa menjelaskan dan memaparkan hasil TA yang selama kurang lebih 4 bulan.
Sidang Tugas Akhir Sidang Tugas Akhir Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, September 01, 2016 Rating: 5

Tidak ada komentar