Keakraban 5 Jurusan



Keakraban merupakan harapan banyak orang tidak terkecuali bagi mahasiswa baru Politeknik Negeri Banjarmasin. Dengan akrabnya mereka, maka akan terjalin komunikasi serta kekeluargaan yang baik demi mencapai tujuan bersama. Banyak hal yang telah dilakukan salah satunya oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ)  sebagai salah satu organisasi kemahasiswaan di kampus Politeknik Negeri Banjarmasin, mereka menggelar berbagai macam kegiatan untuk menumbuhkan rasa kekeluargaan dan kepedulian bersama.
Menyambut dengan Semangat, Melepas dengan Senyuman, merupakan tema dari kegiatan pisah sambut yang telah diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Bisnis (HMB) pada tanggal 3-4 September 2016 di Pantai Takisung. Dengan diikuti oleh 130 mahasiswa baru serta dihadiri oleh alumni dari jurusan administrasi bisnis. Tujuan dari kegiatan ini mahasiswa baru dapat menyambut perkuliahan dengan semangat, saling kompak dan akrab walaupun berbeda program studi. Serta, untuk alumni tetap menjalin tali silaturahmi walaupun telah lulus dari bangku perkuliahan.




Himpunan Mahasiswa Mesin (HMM) punya cara lain dalam merangkai keakraban mahasiswa mesin. Mereka menyertakan kegiatan bersih-bersih sampah di sekitar desa Batakan dalam rangkaian acara malam keakraban (maban). Mereka juga mengadakan beberapa hiburan dan permainan yang harapannya agar mahasiswa baru jurusan mesin dapat menumbuhkan rasa inisiatif serta inovatif. Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 10-11 September 2016 ini diikuti oleh 97 mahasiswa baru jurusan mesin.


Berbeda dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan yang lain. Himpunan Mahasiswa Sipil (HMS) tidak keluar dari daerah Banjarmasin, mereka memilih kampus Politeknik Negeri Banjarmasin dalam menyelenggarakan hari keakraban. kegiatan yang diikuti oleh 158 orang peserta dari mahasiswa jurusan sipil ini diselenggarakan dalam satu hari, di ruang multimedia Politeknik Negeri Banjarmasin. Salah satu rangkaian kegiatan akbarnya yaitu pengisian materi tentang penyalahgunaan Narkoba oleh narasumber dari BNN Propinsi Kalimantan Selatan, follow upnya agar mahasiswa sipil khususnya dapat mengetahui dampak narkoba, serta tahu bagaimana cara menanggapinya.


Dengan menjawab tantangan jaman Himpunan Mahasiswa Akuntansi (HIMA) sukses menyertakan kegiatan Bina Desa (bindes) sebagai salah satu acara penting di desa Batakan. Acara bina desa merupakan yang kedua kalinya diselenggarakan oleh HIMA. Setelah terselenggaranya acara Bina Desa, dilanjutkan oleh kegiatan keakraban oleh mahasiswa baru. Salah satu rangkaian kegiatan dari keakraban adalah tampilan pentas seni dari mahasiswa baru akuntansi yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok. Harapan dari terselenggaranya kedua acara ini adalah membangun desa mandiri dan sejahtera serta menumbuhkan rasa keakraban dan rasa kebersamaan diantara mahasiswa akuntansi.



Dengan diikuti oleh 151 mahasiswa baru jurusan Ekektro, Malam keakraban yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) sukses dilaksanakan, pasalnya kegiatan yang diselenggarakan 24-25 September 2016 ini telah dipersiapkan kurang lebih sekitar 3 bulan dan dihadiri oleh petinggi Politeknik Negeri Banjarmasin. Dengan tema Membangun Solidaritas dan Kretifitas dalam Membangun Kebersamaan Mahasiswa Ekeltro harapannya kegiatan ini nantinya menghasilkan keakraban, saling mengenal serta bahu membahu.
Pada dasarnya keakraban sangat penting ditanamkan, apalagi di dalam dunia pendidikan, karena semangat yang ada dalam setiap orang akan sangat berpengaruh bagi yang lainnya. Dilanjutkan dengan selalu menanamkan rasa peduli terhadap sesama, maka akan menumbuhkan rasa solidaritas dan kerjasama untuk mencapai tujuan kedepannya.
Keakraban 5 Jurusan Keakraban 5 Jurusan Reviewed by Rezqi Abdina on Rabu, Januari 04, 2017 Rating: 5

Tidak ada komentar