Keamanan E-voting Pemilu Raya Poliban 2020 Didukung Pihak Kampus

Sumber : www.freepik.com


     Sempat tertunda kurang lebih 2 bulan lamanya, akhirnya Dewan Perwakilan Mahasiswa (Depma) Poliban memutuskan untuk melakukan e-voting dalam pemilihan capres dan cawapres Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2020/2021 yang akan dilaksanakan pada tanggal 18 s.d. 19 Mei 2020. Pemungutan suara yang awalnya akan dilaksanakan pada bulan Maret harus tertunda dikarenakan pandemi Covid-19 yang belum kunjung mereda yang menyebabkan para mahasiswa belum bisa berkegiatan di kampus. Pada awalnya Depma Poliban memang ingin mengadakan voting di kampus dan menunggu kembalinya perkuliahan seperti biasa. Namun, mengingat waktu pemungutan suara yang sudah jauh terlambat dari waktu yang telah ditetapkan maka Depma Poliban memutuskan untuk melakukan e-voting yang dapat dilakukan para mahasiswa di rumah masing-masing. Meskipun pada awalnya sempat ragu untuk menyelenggarakannya, namun hal ini dikaji kembali dan dipikirkan matang-matang oleh pihak Depma Poliban sampai akhirnya sepakat untuk menyelenggarakannya secara online. E-voting ini juga didukung oleh Ibu Nurhidayati selaku Wakil Direktur III.

    Untuk keamanan website e-voting ini sendiri Depma bekerja sama dengan pihak UPT TIK Poliban. E-voting ini dinilai aman oleh pihak Depma karena pada saat masuk ke website e-voting menggunakan akun simpadu dan sangat kecil kemungkinan adanya manipulasi data karena data dari voting akan langsung terdeteksi oleh sistem.

    Jangka waktu yang diberikan untuk e-voting ini adalah 32 jam yang dimulai dari tanggal 18 Mei pukul 08:00 WITA hingga tanggal 19 Mei pukul 16:00 WITA dan hasilnya akan diumumkan keesokan harinya yaitu pada hari Rabu tepatnya tanggal 20 Mei 2020. Pada jangka waktu 32 jam yang diberikan untuk pemungutan suara tidak ada perpanjangan waktu, maka pihak Depma Poliban mengharapkan keaktifan mahasiswa dalam voting tersebut. “Waktu dari kami 32 jam dan tidak ada perpanjangan waktu lagi untuk pemvotingan, maka disini besar harapan kami untuk mahasiswa Poliban dapat memberikan suaranya,” ucap Muhammad Dicky Kurniawan selaku Ketua Umum Depma Poliban. 

Penulis: Annisa Adilla


Keamanan E-voting Pemilu Raya Poliban 2020 Didukung Pihak Kampus Keamanan E-voting Pemilu Raya Poliban 2020 Didukung Pihak Kampus Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, Mei 14, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar