Layanan Perpustakaan Poliban di New Normal dan Kepastian Denda Pengembalian Buku Dimasa Pandemi


Berdasarkan Surat Edaran Nomor 614/PL18/KL/2020 tentang Pencegahan Penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Politeknik Negeri Banjarmasin terhitung dari tanggal 17 Maret 2020 s/d 4 Agustus 2020 Surat Edaran Nomor 911/PL18/KL/2020 tentang upaya peningkatan pencegahan dan penyebaran Covid-19. Hal ini juga menyebabkan penutupan layanan perpustakaan poliban dimasa lockdown Surat Edaran Nomor 650/PL18/KL/2020 yang berlaku sejak tanggal 26 Maret 2020 s/d 7 April 2020.

Memasuki era ke-normalan baru (New Normal) Ibu Rismaniah, Kepala Perpustakaan Poliban menjelaskan layanan perpustakaan tetap dibuka untuk mahasiswa Poliban, namun dengan aturan Tatanan Normal Baru di lingkungan Perpustakaan Poliban dengan mematuhi protokol kesehatan.

“Layanan perpustakaan poliban tetap dibuka, namun untuk peminjaman buku tidak diperbolehkan dibawa pulang kerumah. Peminjaman buku hanya diperbolehkan dengan memfoto atau membaca di tempat saja” Jelasnya.

Selain itu, Perpustakaan Poliban merencanakan pada akhir tahun akan diadakan buku digital dan peminjaman buku secara online.

“Akhir tahun ini direncanakan, akan diadakan buku digital untuk peminjaman buku secara online. Sementara di Simpadu ada, cuman hanya judul saja dan belum bisa diakses,” Jelasnya.

Mengenai denda keterlambatan, Ibu Rismaniah mengatakan bahwa denda keterlambatan pengembalian buku akan ditiadakan selama masa pandemi terhitung dari tanggal 26 Maret 2020 sampai sekarang. Denda hanya akan dihitung apabila mahasiswa yang bersangkutan melalakukan peminjaman buku yang seharusnya dikembalikan sebelum tanggal 24 Maret 2020.

“Untuk denda peminjaman buku, selama libur pandemi tidak diberlakukan, kecuali ada peminjaman dan belum dikembalikan sebelum adanya pandemi maka akan dikenakan denda, terhitung dari tanggal 26 Maret 2020 sampai 4 Agustus 2020, kalau dari surat edaran diperpanjang otomatis denda juga diperpanjang” Jelasnya. “kalau mahasiswa sudah diperbolehkan turun semua, denda juga akan berlaku” tambahnya. 


Penulis: Saguh Wiyono

Layanan Perpustakaan Poliban di New Normal dan Kepastian Denda Pengembalian Buku Dimasa Pandemi Layanan Perpustakaan Poliban di New Normal dan Kepastian Denda Pengembalian Buku Dimasa Pandemi Reviewed by LPM Lensa Poliban on Jumat, Juli 31, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar