Jelang Pergelaran Wisuda XXI Drive Thru Politeknik Negeri Banjarmasin

        

Sumber: Panduan Wisuda Poliban 2020 (youtube)

        Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) menyelenggarakan Wisuda ke-XXI menggunakan sistem
Drive Thru dengan mobil maupun sepeda motor. Tujuannya adalah agar mahasiswa tetap merasakan wisuda secara langsung.

Total peserta wisuda pada tahun ini berjumlah 779 orang. Pelaksanaan wisuda dibagi menjadi dua hari dan ada dua sesi. Hari Rabu (21/10) sesi pertama untuk Jurusan Teknik Elektro dan sesi kedua untuk Jurusan Teknik Mesin. Kemudian hari Kamis (22/10) sesi pertama umtuk Jurusan Teknik Sipil dan Akuntansi dan sesi kedua untuk Jurusan Administrasi Bisnis. Sesi pertama dimulai dari pukul 09.00 WITA s.d 12.00 WITA dan sesi kedua dimulai mulai pukul 14.00 WITA s.d selesai.

Drive Thru dirancang dengan minim kontak agar tidak ada kontak langsung sama sekali. Untuk pelaksanaannya akan dibagi beberapa pos. Di pos pertama, akan dilakukan pengecekan protokol kesehatan terhadap peserta wisuda seperti penggunaan masker, pemberian hand sanitizer, pengecekan suhu tubuh, dan pengecekan penumpang. Untuk mobil yang dua baris maksimal diisi dua penumpang dan mobil yang tiga baris diisi maksimal enam penumpang. Satu mobil juga boleh diisi dengan lebih dari satu peserta wisuda dengan jumlah maksimal 3 orang, jadi apabila ingin membawa temannya diperbolehkan. Kemudian di pos kedua dilakukan registrasi dan pendataan mahasiswa termasuk pencatatan nomor plat, dan jumlah penumpang. Di pos ketiga masuk ke tahap antrian untuk prosesi wisuda. Tahun ini panitia bekerja sama dengan UPT.TIK dalam pembuatan aplikasi antrian dimana nanti akan menggunakan aplikasi tersebut. Operator aplikasi akan memasukkan masing-masing peserta wisuda kedalam antrian, kemudian otomatis masuk satu persatu sesuai antrian, MC nantinya akan membacakan sesuai data di aplikasi. Setelah itu, pemindahan tali toga oleh direktur. Dilanjutkan dengan pemberian map oleh masing-masing kepala jurusan, kemudian peserta wisuda naik kembali ke mobil atau sepeda motor. Di pos keempat, yaitu pembagian dokumen dan body bag dari kampus. Setelah semua prosesi tersebut selesai peserta wisuda dipersilahkan meninggalkan kampus.

        Panitia berharap agar wisuda berjalan dengan lancar dan tidak terjadi kemacetan. “untuk wisudawan sebisa mungkin menggunakan mobil karena cuaca seperti ini, atau bisa datang besama teman yang menggunakan mobil. Untuk yang menggunakan motor siapkan jas hujan. Diharapkan bisa tertib selama antrian agar prosesinya berjalan dengan khidmat,” ucap Bapak Ronny Faslah, S.Kom selaku ketua panitia.

Penulis: Khaira Amalia Natasya
Jelang Pergelaran Wisuda XXI Drive Thru Politeknik Negeri Banjarmasin Jelang Pergelaran Wisuda XXI Drive Thru Politeknik Negeri Banjarmasin Reviewed by LPM Lensa Poliban on Selasa, Oktober 20, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar