Poliban Buka Prodi Baru di Jurusan Teknik Mesin pada 2021 Mendatang

Sumber Foto: Freepik.com

Tahun ini Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) sukses membuka dua prodi baru sekaligus yaitu D4 Bisnis Digital dari jurusan Administrasi Bisnis dan S1 Terapan Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan dari jurusan Teknik Sipil. Dua prodi tersebut sukses menarik perhatian yakni 34 mahasiswa baru yang dinyatakan lulus pada prodi tersebut. Setelah menuai kesuksesan tersebut, kali ini giliran jurusan teknik mesin yang akan membuka prodi baru yang pastinyaakan sangat ditunggu-tunggu bagi calon mahasiswa baru kedepannnya apalagi yang mempunyai hobi dan memiliki minat pada otomotif atau mesin. Rencananya prodi baru dari jurusan teknik mesin akan dibuka pada tahun 2021 mendatang.

Seperti yang diketahui jurusan teknik mesin mempelajari ilmu teknik mengenai aplikasi dari prinsip fisika untuk analisis, desain, manufaktur, dan pemeliharaan sebuah sistem mekanik. Maka dari itu jurusan teknik mesin akan membuka prodi baru yaitu D4 Teknik Mesin dengan gelar yang dimiliki SST (Sarjana Sains Terapan), yang akan mencakup nilai disiplin dan ilmunya bisa menampung lulusan D3 dari prodi yang sudah ada sekarang, dan itu artinya lulusan dari D3 Teknik Mesin yang ingin mengambil gelar D4 tidak perlu lagi mengambil ke luar pulau Kalimantan, karena prodi ini merupakan prodi D4 yang pertama untuk Teknik Mesin  yang ada di Kalimantan Selatan. Untuk bisa mendaftar di prodi baru ini diutamakan bagi siswa lulusan SMA Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau SMK jurusan otomotif.

            Latar belakang dibukanya prodi ini dikarenakan untuk  saat ini politeknik yang hanya menciptakan lulusan D3 diharapkan dapat membuka prodi baru dengan lulusan D4.Sedangkan di Poliban sendiri hanya jurusan teknik mesin yang belum mempunyai prodi dengan lulusan D4.Namun, untuk membuka prodi baru itu sendiri tidaklah semudah memutar balikan telapak tangan. Banyak persyaratan yang harus dipenuhi oleh jurusan tersebut setelah persyaratan terpenuhi selanjutnya pihak jurusan akan menyerahkan berkas ke Ristekdikti.

“Setiap jurusan yang akan membuka prodi baru harus melakukan Forum Grup Discussion bersama industri atau stakeholder untuk membahas hal yang diperlukan seperti ilmu yang akan diterapkan, kurikulum dan sebagainya,” ucap Bapak. Keterlibatan industri dalam pembukaan prodi D4 ini wajib hukumnya  karena kebutuhan apa saja nantinya yang diserap atau dipelajari di kampus akan diaplikasikan di industri dunia kerja. Selain itu tujuan dibukanya prodi ini untuk menampung lulusan yang siap pakai di industri yang berkaitan dengan teknik mesin. “Semoga kedepannya teknik mesin tambah lebih baik dan maju untuk mencetak alumni yang berkualitas dalam bidang rekayasa khususnya di dunia kerja yang berkaitan dengan teknik mesin”, terang Bapak Anhar selaku Sekretaris jurusan Teknik Mesin.

  Penulis: Suci Devi Triana


 

Poliban Buka Prodi Baru di Jurusan Teknik Mesin pada 2021 Mendatang Poliban Buka Prodi Baru di Jurusan Teknik Mesin pada 2021 Mendatang Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, November 12, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar