Desa Pantai Hambawang Masih Membutuhkan

 


Sejak hari Kamis tepatnya malam Jumat 15 Januari 2021, Kalimantan Selatan berduka dengan adanya tragedi banjir yang melanda di berbagai daerah di provinsi Kalimantan Selatan yang diakibatkan oleh intensitas hujan yang tinggi. Beberapa wilayah yang terkena banjir salah satunya yaitu Desa Pantai Hambawang Kecamatan Mandastana Kabupaten Barito Kuala. 

Meskipun sampai saat ini berbagai bantuan donasi logistik berupa bahan makanan dan pakaian, namun sampai saat ini Desa Pantai Hambawang tersebut belum banyak mendapat masukan bantuan dari pihak luar. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Guru Hamdi warga Desa Pantai Hambawan RT.02. Beliau menyampaikan bahwa kurangnya bantuan yang masuk disebabkan oleh faktor jangkauan wilayah yang terpaut jauh kedalam, juga tingginya genangan air yang sudah mencapai batas pinggang orang dewasa sehingga sulit untuk diakses mobil. “semua penduduk, termasuk anak-anak sudah diungsikan ke wilayah Alalak”, kata Guru Hamdi menerangkan. Sebelumnya dari pemerintah bersama dengan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor sudah pernah masuk memberikan bantuan ke daerah tersebut, namun karena daerah yang luas dan penduduk yang banyak, sehingga bantuan belum sepenuhnya merata ke-seluruh korban bencana di sana dan masih banyak yang membutuhkan. “Yang dibutuhkan itu lilin untuk penerangan, bahan makanan, beras itu benar-benar dibutuhkan”, tambah Guru Hamdi. Karena memang benar, listrik yang mati mengakibatkan penerangan , sarana dan prasarana di wilayah tersebut menjadi sangat terganggu, khususnya untuk masyarakat dalam beraktivitas.

Selain kurangnya bantuan yang masuk, kondisi di sana juga diperburuk dengan adanya informasi aksi pencurian yang dilakukan dengan menggunakan alat transportasi kelotok(perahu kecil). Ada beberapa warga yang sudah mengaku kehilangan barangnya, seperti motor, televisi dan barang-barang elektronik lainnya. Informasi tersebut tentunya sangat membuat masyarakat khawatir. Mudah-mudahan Desa Pantai Hambawang juga bisa mendapat perhatian penuh sehingga bantuan bisa sampai merata ke-seluruh korban banjir dan harapannya musibah ini bisa cepat selesai agar semua masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti sedia kala.


Penulis: Saguh Wiyono

Desa Pantai Hambawang Masih Membutuhkan Desa Pantai Hambawang Masih Membutuhkan Reviewed by LPM Lensa Poliban on Jumat, Januari 22, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar