Memulai Gaya Hidup Zero Waste

 

Sumber: mommyasia.com

Sebelumnya sudah pada tahu belum m sih apa itu zero waste? Pasti untuk sebagian orang masih asing kedengarannya, nah kalau begitu yuk untuk lebih jelas kita bahas bareng. Zero Waste itu sebenarnya merupakan salah satu konsep gaya hidup yang memiliki tujuan meminimalisir terjadinya sampah. Bahkan, kalau bisa benar-benar bebas dari sampah, dan sebagaimana namanya zero waste. Dengan maksud untuk menyelamatkan lingkungan dari limbah yang terbuang. Jika tidak ada sampah, maka orang tidak akan melakukan kegiatan pemusnahan sampah seperti membakar atau mengubur. Sehingga, lingkunganpun menjadi terjaga dari pencemaran atau bahkan kerusakan.

Sebelum membahas mengenai tahap-tahap memulai gaya hidup zero waste. Ada informasi dari studi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) yang menyatakan bahwa hanya 7% sampah di Indonesia yang dapat dikompos dan di daur ulang, dan 69% produk sisa sampah hanya ditimbun di TPA dan produksi sampah harian bisa mencapai ratusan ribu ton! Kita nggak sadar kalau membeli barang sama saja menghasilkan sampah, apalagi barang sekali pakai. Aktivitas manusia semakin beragam setiap harinya, dan semakin banyak pula barang dan produk yang dibeli sehingga sampah yang dihasilkan sudah melebihi dari kemampuan alam untuk menyerapnya. Kita lupa bahwa lautan dan sungai sudah tercemar, serta tempat pembuangan akhir (TPA) sudah meluap dan tidak bisa lagi menampung timbunan sampah. Karenanya konsep zero waste ini lebih kepada pengendalian diri kita untuk tidak lagi konsumtif dan bertanggung jawab terhadap lingkungan. Kita dapat memulai langkah-langkah berikut untuk memulai zero waste:

Memanfaatkan barang yang tidak dipakai

Membeli makanan secukupnya

Think Before You Buy It

Mulai memisahkan sampah organik dan anorganik

Melakukan daur ulang sampah

Menolak diberi kantong plastik saat belanja

Mengurangi penggunaan kertas

Membawa bekal dari rumah dengan kotak makan dan botol minum sendiri

Mengganti cemilan snack pabrikan dengan homemade cookies atau buah-buahan

Mengolah sampah organik basah menjadi pupuk kompos.


Selain tujuan dan langkah-langkah, Zero Waste juga punya metode 5R yaitu refuse (menolak), Reduce (mengurangi), Reuse (menggunakan kembali), Recycle (mendaur ulang), dan Rote (membusukan sampah). Dengan 5R ini menjadi pegangan kita untuk membentuk gaya hidup tanpa sampah dan menggunakan sumber daya alam secara bijaksana. Tidak sedikit yang pesimis dan sarkastik dengan istilah nol sampah dan meanggap bahwa itu tidak mungkin dilakukan. Mana mungkin manusia hidup di zaman modern seperti ini tidak menghasilkan sampah? Tidak mudah untuk mengaplikasikan gaya hidup nol sampah di tengah infrastruktur dan masyarakat yang belum mendukung. Masih banyak kita temukan makanan dan minuman dengan plastik di pasar atau supermarket.

    Gaya hidup modern mendorong manusia untuk terus menerus membutuhkan banyak barang. Kita nggak sadar kalau membeli barang sama saja menghasilkan sampah, apalagi barang sekali pakai. Aktivitas manusia semakin beragam setiap harinya dan semakin banyak pula barang dan produk yang dibeli sehingga sampah yang dihasilkan sudah melebihi dari kemampuan alam untuk menyerapnya. Nah, Gaya hidup zero waste ini membantu kita untuk mengevaluasi gaya hidup dan melihat bagaimana sesuatu yang kita konsumsi bisa berdampak terhadap lingkungan, dan belajar untuk lebih peduli dan berbuat sesuatu terhadap kelangsungan bumi kita. Menerapkan gaya hidup zero waste adalah salah satunya.



Penulis: Syifa Imelia dan Putri Wahyuning Qur’Aini





Memulai Gaya Hidup Zero Waste Memulai Gaya Hidup Zero Waste Reviewed by LPM Lensa Poliban on Minggu, Januari 31, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar