Memulai Usaha Melalui PMW Poliban

 

Sumber: Instagram @pmw.poliban


Berkembangnya zaman saat ini, berdampak juga dalam dunia kewirausahaan yang semakin kreatif dan inovatif. Banyak masyarakat terutama dikalangan mahasiswa mulai mencari penghasilan tambahan dengan cara berwirausaha, dari mulai memikirkan ide-ide kreatif untuk membangun dan memperkenalkan ide usaha mereka.

Di Politeknik Negeri Banjarmasin sudah memiliki program yang bisa mendukung ide-ide kreatif mahasiswa dalam berwirausaha yaitu PMW (Program Mahasiswa Wirausaha) yang diluncurkan pada tahun 2009 silam. Program ini merupakan salah satu program kewirausahaan yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti).

Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas dan mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi lainnya, program ini memberikan bantuan modal kepada mahasiswa agar dapat mempraktekkan ilmu pengetahuan kewirausahaan yang telah diperoleh.

Melalui akun Instagram @pmw.poliban terdapat tahapan-tahapan untuk bisa mengikuti program kewirausahaan PMW tahun 2021 dimulai dari pendaftaran pada tanggal 22 Februari – 5 Maret, Sosialisasi Program Kegiatan PMW tanggal 09 Maret, Pengajuan Proposal Ide Bisnis tanggal 09 – 31 Maret, Pengumuman Seleksi Proposal Ide Bisnis tanggal 05 April, dan dilanjutkan ke tahap Seleksi Presentasi Proposal tanggal 06 – 08 April, pengumuman hasil Seleksi Presentasi Proposal Ide Bisnis pada tanggal 12 April 2021.

Bagi proposal yang terpilih akan diberikan bantuan modal untuk menjalankan bisnis dan bimbingan selama berwirausaha, diberikan wawasan tambahan dan pengetahuan tentang bagaimana berwirausaha, kemudian ada kegiatan lainnya berupa pelatihan seperti Workshop, kunjungan industri atau UMKM, Expo, Bazzar, Monitoring dan Evaluasi.

Kriteria penilaian proposal ide bisnis untuk bisa lulus ke tahap berikutnya yaitu mahasiswa terlebih dahulu mengikuti Sosialisasi Program Kegiatan PMW dimana kegiatan itu memberikan gambaran kepada mahasiswa calon peserta PMW bagaimana cara membuat proposal yang baik dan sesuai, pada Tahap I (Seleksi Administrasi) berupa penilaian proposal dengan metode pengusulan proposal, mengumpulkan dan mengisi form yang disediakan oleh tim pengelola ETU Poliban. Kemudian di Tahap II (Seleksi Wawancara dan Presentasi) berupa presentasi dan diskusi rencana usaha yang diajukan oleh mahasiswa, untuk kriteria penilaiannya sebagai berikut:

No

Kriteria

Bobot (%)

1

Ringkasan Eksekutif,

5

2

Deskripsi Usaha

10

3

Target Pasar

10

4

Analisis Pesaing/Kompetitor

15

5

Rencana Pemasaran dan Penjualan

15

6

Rencana Operasi

15

7

Kesiapan TIM Manajemen

5

8

Pengembangan Masa Depan Usaha dan Inovasi

10

9

Rencana Finansial Pengembangan Inovasi Bisnis (Laporan Keuangan dan Proyeksi Keuangan)

10

10

Foto-dokumentasi dan dokumen pendukung lain, CV

5

 

            Terdapat persyaratan dalam seleksi presentasi yaitu peserta wajib menggunakan power point, waktu presentasi 3 – 4 menit, membawa produk usaha yang diajukan minimal 3 buah, dan peserta diwajibkan tetap mengikuti protokol kesehatan.

            Tahun ini partisipasi mahasiswa yang mengajukan proposal ide bisnis mengalami peningkatan. “Alhamdulillah yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan PMW untuk tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya, kalau di tahun sebelumnya peserta yang mengikuti program ini ada 17 kelompok usaha untuk tahun ini ada 21 kelompok usaha yang mengajukan proposalnya.” ucap Ibu Rabiatul selaku ketua PMW POLIBAN.

 

Penulis : Chindy Wulandari dan Fatimah

Memulai Usaha Melalui PMW Poliban Memulai Usaha Melalui PMW Poliban Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, April 15, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar