Program Studi Terbaru Jenjang Diploma 4 (D4) Yang Hadir Di Poliban

 

Politeknik Negeri Banjarmasin merupakan Perguruan Tinggi yang bergerak di bidang vokasi dengan program Pendidikan Diploma 3 (D3) dan Diploma 4 (D4). Pada tahun 2020, Poliban membuka program studi terbaru untuk jenjang Diploma 4 (D4) yaitu Prodi Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan dalam naungan jurusan Teknik Sipil. Kemudian Prodi Sistem Informasi Kota Cerdas dan Prodi Teknologi Rekayasa Pembangkit Energi di bawah naungan jurusan Teknik Elektro, serta Prodi Bisnis Digital di bawah naungan jurusan Administrasi Bisnis.

Sebelum mengusulkan prodi baru, para dosen melakukan survey dan kajian terhadap dunia usaha maupun dunia industri. Sehingga diharapkan lulusan dari program studi baru ini nantinya dapat diterima dalam dunia industri saat bekerja. Selain itu, Poliban juga memberikan dan meminta usulan kepada perusahaan- perusahaan yang bergerak di bidang industri maupun usaha apakah diperlukan lulusan program studi baru untuk menunjang kemajuan dunia industri itu sendiri.

Pada awal pembukaan program studi baru D4, setiap Prodi hanya membuka satu kelas. Untuk tahun 2021, Poliban menargetkan untuk membuka penerimaan dua kelas di setiap program studi D4 terbaru, mengingat peminat dari program studi terbaru ini cukup banyak. Selain itu, presentase kebutuhan sarjana terapan cukup banyak di dunia industri.

Sedangkan untuk penerimaan mahasiswa baru tahun 2021, khusus Diploma 4 bergabung dengan sistem LTMPT. Sehingga calon mahasiswa baru dapat mendaftar melalui SNMPTN, SBMPTN, prestasi dan mandiri. Untuk persyaratan mendaftar Diploma 4 tidak jauh berbeda dengan Diploma 3 di Politeknik Negeri Banjarmasin.

“Adanya program studi D4 ini agar calon-calon mahasiswa baru memiliki banyak pilihan untuk menentukan program studinya. Jadi, calon-calon mahasiswa memiliki alternatif Prodi yang bisa dipilih khususnya di Poliban.” ucap Pak Ahmad Rizani selaku Wakil Direktur 1 ketika ditanya perihal harapan kedepannya untuk program studi D4 terbaru ini.

Kini, Politeknik Negeri Banjarmasin memiliki 13 program studi Diploma 3 dan 6 program studi Diploma 4. Diharapkan dengan adanya pembukaan program studi terbaru Diploma 4 ini dapat meningkatkan mutu sumber daya manusia khususnya untuk alumni yang akan bekerja di dunia usaha maupun industri bisa lebih spesialis. Karena di Poliban, khususnya program Diploma 4 menekankan pada kompetensi sesuai dengan harapan, maka dari itu penamaan program studi baru ini lebih spesifik.


Penulis : Alfina Amalia W.H

Program Studi Terbaru Jenjang Diploma 4 (D4) Yang Hadir Di Poliban Program Studi Terbaru Jenjang Diploma 4 (D4) Yang Hadir Di Poliban Reviewed by LPM Lensa Poliban on Selasa, April 13, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar