Pemilu Raya Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Poliban Tahun 2021




Sistem demokrasi yang telah diterapkan dalam pemerintahan Indonesia juga dilaksanakan di Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban). Salah satu pengamalan dari sistem demokrasi yang dilaksanakan Politeknik Negeri Banjarmasin adalah pemilihan umum raya (Pemilu Raya). Pemilu raya adalah pemilihan umum dalam rangka memilih presiden mahasiswa dan wakil presiden mahasiswa Poliban. Pemilu raya ini rutin diadakan setiap tahun yang bertujuan sebagai regenerasi lembaga eksekutif Poliban dan juga merupakan ajang penting pembelajaran demokrasi serta politik bagi mahasiswa Poliban itu sendiri.

Peserta yang akan menjadi kandidat Capresma dan Cawapresma pada pemilu raya Poliban adalah seluruh mahasiswa aktif Poliban dengan kriteria tertentu yaitu mengikuti salah satu ormawa di Poliban untuk mendelegasikan dirinya. Dan untuk mahasiswa umum tidak dapat mendelegasikan dirinya sendiri. Adapun beberapa kriteria dari peserta pemilu raya sebagai berikut:

Kriteria Calon Presma dan Wapresma Badan Eksekutif Mahasiswa Tahun 2021–2022:

Umum

  1. Bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  2. Terdaftar Sebagai Mahasiswa Politeknik Negeri Banjarmasin.
  3. Berkepribadian Baik dan Bertanggung Jawab.
  4. Memiliki Dedikasi dan Loyalitas yang Tinggi Terhadap Kegiatan Mahasiswa Poliban.
  5. Warga Negara Indonesia.
  6. Menaati Pancasila dan Undang-Undang Dasar Republik Indonesia 1945 sebagai dasar Negara.
  7. Sehat Jasmani dan Rohani.

Khusus

  1. Capresma wajib berada di Semester 4 bagi yang menempuh pendidikan D3. Boleh berada di Semester 4 atau 6 bagi yang menempuh pendidikan D4, Serta berada di tingkatan II organisasi internal kampus. 
  2. Cawapresma wajib berada di Semester 2 bagi yang menempuh pendidikan D3. Boleh berada di Semester 2 atau 4 bagi yang menempuh pendidikan D4, serta berada di tingkatan I organisasi internal kampus.
  3. Capres dan Cawapres yang terpilih tidak boleh berasal dari delegasi yang sama.
  4. Tidak sedang menjalani proses hukum.
  5. Bersedia untuk dipilih.
  6. Tidak sedang menjadi posisi penting (Ketum, Waketum, dan Fungsionaris) di ormawa (dalam lingkup internal Poliban).
  7. Berpengalaman dalam berorganisasi.

Dan untuk tahapan, program, dan jadwal penyelenggaraan pemilu raya Poliban adalah sebagai berikut:

No.

Tanggal

Tahapan - tahapan

1

8 Mei 2021

Sosialisasi 1

2

19 Mei 2021

Tes Tertulis

3

20 Mei 2021

Tes Wawancara

4

21 Mei 2021

Pengumuman

5

22 – 30 Mei 2021

Pencarian Koalisi

6

31 Mei 2021

Sosialisasi 2

7

1 – 20 Juni 2021

Kampanye

8

21 Juni 2021

Debat

9

22 – 25 Juni 2021

Masa Tenang

10

26 – 27 Juni 2021

Voting

11

28 Juni 2021

Perhitungan Voting

12

29 Juni 2021

Pengumuman Hasil Voting

Dari beberapa rangkaian seleksi seperti seleksi administrasi, tes tertulis dan tes wawancara yang cukup ketat, panitia telah mengumumkan dua nama Capresma dan dua nama Cawapresma yang kemudian akan dipasangkan menjadi paslon. Untuk masing-masing Capresma dan Cawapresma bebas memilih pasangan yang akan maju dalam pemilu raya ini. Selanjutnya dari masing-masing paslon juga telah melakukan pencarian koalisi dalam rangka mencari dukungan.

Ketua komisi C Depma Poliban, Supriadi juga mengimbau dan mengharapkan kepada seluruh mahasiswa dan mahasiswi Poliban agar dapat menggunakan hak suaranya nanti dalam acara pemilu raya. Menurutnya satu suara sangatlah penting dan berpengaruh kepada keberlangsungan kehidupan dan kemajuan kampus. Maka dari itu jangan lupa untuk seluruh mahasiswa/mahasiswi Poliban agar ikut serta memilih paslon pilihannya pada rangkaian e-voting guna memeriahkan pemilu raya dan mendukung perubahan yang lebih baik untuk Poliban.


Penulis: Prima Yudhi Alamsyah, Dita Raihan Fadila, dan Ira Puspa Wibowo

Pemilu Raya Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Poliban Tahun 2021 Pemilu Raya Presiden dan Wakil Presiden Mahasiswa Poliban Tahun 2021 Reviewed by LPM Lensa Poliban on Rabu, Juni 09, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar