Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tahun 2021

 

 

Politeknik Negeri Banjarmasin menerima mahasiswa baru dengan beberapa jalur penerimaan yaitu untuk program studi D4 melalui SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), kemudian untuk program studi D3 melalui SNMPPN (Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Politeknik Negeri), kemudian ada penerimaan jalur SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri), Prestasi, dan Mandiri.

Jalur mandiri adalah salah satu jalur penerimaan mahasiswa baru di Poliban yang telah dibuka mulai tanggal 21 juni - 23 Juli tahun akademik 2021/2022 untuk semua progam studi D3 maupun D4. Poliban saat ini memiliki 19 program studi yaitu 13 program studi D3 dan 6 program studi D4.

Jalur mandiri akan dilaksanakan dengan tes UTBK (Ujian Tes Berbasis Komputer) dilaksankan pada tanggal 26 Juli - 29 juli, untuk tes tersebut akan diumumkan pada tanggal 2 Agustus 2021. Kuota jalur mandiri dari Poliban hanya menyediakan 10% dari kuota sebelumnya, jadi total kuota keseluruhan jalur penerimaan ±1.500 mahasiswa.  Penerimaan jalur mandiri tidak bisa dipastikan lulus semua karena harus mengikuti tes UTBK yang akan dilakukan penilaian dan perangkingan  sesuai dengan jumlah kuota.

Syarat umum masuk jalur mandiri ini hampir sama pada syarat sebelumnya, mahasiswa baru harus mendaftarkan diri melalui website (https://jalur-mandiri.poliban.ac.id/ ). Lalu untuk persyaratan umum yaitu: lulusan SMA/SMK, mahasiswa baru lulusan SMA jurusan IPA bisa memilih semua program studi, untuk NON-IPA hanya dapat memilih program studi Tata Niaga seperti jurusan Administrasi Bisnis dan jurusan Akutansi, dan untuk mahasiswa baru lulusan SMK memilih jurusan yang sama dengan jurusan dengan SMK sebelumnya, kemudian membayar uang pendaftaran, dan yang terakhir mencetak kartu ujian setelah selesai menginput data diri di website sebagai bukti untuk menghadiri tes. Tentunya saat akan melakukan tes diwajibkan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Perserta yang dinyatakan lulus di Poliban akan dilakukan pemeriksaan tes kesehatan seperti narkoba, cek fisik dan lampiran surat tes buta warna dari Puskesmas.


Penulis: Muhammad Fikri Haikal dan Wahyu Firnando

 

Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tahun 2021 Penerimaan Mahasiswa Baru Jalur Mandiri Tahun 2021 Reviewed by LPM Lensa Poliban on Senin, Juni 28, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar