Sudah Sampai Mana Progres Mahasiswa PMW Poliban ?

 

Tahukah kamu, apa itu PMW? Mungkin untuk kalangan mahasiswa bukan hal yang asing lagi dengan singkatan tersebut. PMW adalah singkatan dari Program Mahasiswa Wirausaha, yang mana program ini termasuk dalam sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Mahasiswa bisa mengembangkan atau mencoba untuk berwirausaha melalui program tersebut. Program ini juga telah dilaksanakan di Poliban sendiri.

Kami telah mewawancarai beberapa dari perwakilan kelompok mahasiswa yang telah lolos pada tahapan PMW mengenai progress usaha yang mereka jalankan, mereka menjelaskan bagaimana proses pencairan dana dari Poliban. Pada awalnya Poliban mengumumkan terlebih dahulu kelompok-kelompok yang lolos untuk tahap pendanaan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Poliban, kemudian pada bulan April kemarin semua kelompok yang dinyatakan lolos ini dibuatkan sebuah SK untuk pembuatan rekening pencairan dana program Poliban.

“Untuk pembuatan rekening kemarin itu, kami diminta mengisi data diri agar rekening yang akan dibuka itu atas nama kami (Ketua kelompok).” ucap perwakilan kelompok yang lolos PMW.

Setelah mahasiswa yang dinyatakan lolos tersebut diminta mengisi data untuk membuat rekening kemudian akan diproses lebih lanjut untuk pembuatan rekening, mahasiswa juga akan dibagikan kartu ATM. Untuk pencairan dana tahap 1 mahasiswa diperbolehkan memakai 70% dari dana yang didapat. Selain itu, perwakilan dari kelompok lain yang lolos PMW menambahkan bahwa proses awal pencairan dana dari Poliban melalui beberapa seleksi, pertama penyeleksian proposal kemudian seleksi presentasi, setelah lulus keduanya baru mendapat dana hibah dari Poliban, dan membuat tabungan.

Mengenai progres yang telah dilakukan saat dana tersebut cair, beberapa kelompok langsung membeli bahan baku produk jualan, membeli alat yang dianggap perlu untuk proses produksi, dan promosi produk. Ada juga yang melakukan pembelian peralatan dan bahan untuk usaha yang sebelumnya sudah di survey mengenai harga. Selain itu, saat dana tersebut sudah cair ada perwakilan dari kelompok lain yang langsung memulai usahanya mulai dari pembelian bahan-bahan dan melakukan penjualan untuk pertanggungjawaban.

Persiapan mengenai tahap seleksi Nasional, perwakilan dari kelompok ini menyusun kembali proposal yang sebelumnya pernah mengajukan ditingkat Poliban serta berkonsultasi dengan dosen pembimbing dari PMW yang telah dibagikan. Ada yang mengalami sedikit kesulitan untuk mencari anggota sebelum persiapan sendiri. Kesulitan ini dikarenakan saat program wirausaha di Poliban tidak ada anggota, padahal di program wirausaha yang diadakan dikti volasi ini diwajibkan 3-5 orang dalam satu kelompok, oleh karena itu, perwakilan kelompok ini mengatakan bahwa agar mencari anggota lagi supaya sesuai dengan persyaratan. Kemudian persiapan lain yaitu mencari referensi proposal program wirausaha tahun yang lalu, dan sebelum masuk seleksi itu perlu menyiapkan berkas yang diperlukan.

Mengenai tahap pencairan dana pada tahap nasional dengan pencairan sebelumnya, perwakilan dari kelompok yang lolos PMW Nasional mengatakan bahwa dana belum cair. Kelompok lain juga mengatakan tahap pencairan dana nasional dengan tingkat Poliban sedikit berbeda, ditingkat Poliban mahasiswa dibuatkan rekening masing-masing untuk pembagian dana sedangkan ditingkat nasional hanya memakai satu rekening yaitu dari Poliban kemudian baru dana dibagikan ke mahasiswa. Untuk yang nasional saat ini dananya belum ada cair dan masih menunggu proses selanjutnya. Selain itu, kelompok lain berbeda pandangan juga yaitu tahap pencairan dana dari Dikti Vokasi ini dari institusi/sekolah Vokasi baik PTS atau PTN yang mengisi data untuk dokumen kontraknya, hingga saat ini mungkin dananya masih dalam proses.

Terkait yang disiapkan setelah dana tersebut cair ada beberapa pandangan, bahwa dananya belum cair namun ada juga kelompok lain yang mengatakan bahwa sama saja persiapan sebelum dana cair dari Dikti Vokasi ataupun dari Poliban dan, kelompok yang lolos PMW Nasional ini juga sudah melist barang/alat yang akan diperlukan nanti, karena dari dana Dikti Vokasi nominalnya lebih banyak, kemungkinan barang habis pakai yang digunakan untuk produk bisa distok lebih banyak. Selain itu, setelah dana tersebut cair pastinya menjalankan usaha yang sesuai di proposal dan mengembangkan usahanya.

“Harapan kedepannya, semoga usaha kami semakin berkembang, disukai dan bisa dikenal banyak orang terlebih dalam lingkungan kampus poliban”. tutur perwakilan kelompok yang lolos PMW.


Penulis : Putri Wahyuning Qur’Aini dan Surya Alditama

Sudah Sampai Mana Progres Mahasiswa PMW Poliban ? Sudah Sampai Mana Progres Mahasiswa PMW Poliban ? Reviewed by LPM Lensa Poliban on Selasa, Juli 06, 2021 Rating: 5

Tidak ada komentar