E-Commerce Sebagai Media Bisnis di Era Digital

         Kita sering mendengar kata E-commerce dimana-mana. Tapi, tahu nggak sih apa itu E-commerce? Pada dasarnya e-commerce memiliki arti berdagang, bertansaksi, dan berniaga yang terjadi atau dilakukan secara online melalui internet dan website. Di tahun 1995, salah satu portal internet pertama yaitu Netscape.com memperkenalkan e-commerce untuk pertama kalinya melalui iklan pertama dari perusahaan-perusahaan besar dan mempopulerkan ide bahwa website dapat digunakan sebagai media baru untuk memasarkan dan mengiklankan barang ataupun jasa.

         E-commerce terus berkembang seiring berjalannya waktu, hingga saat ini mulai banyak perusahaan besar yang menjadikan media ini sebagai tempat bertansaksi secara digital contohnya yang ada di Indonesia seperti beberapa e-commerce yang sering digunakan.

         E-commerce memiliki konsep utama yaitu pasar digital dan barang digital. Pasar digital merupakan tempat untuk semua orang untuk saling bertukar informasi dalam jumlah yang besar secara langsung dan gratis. Maka dari itu pasar digital sangat berguna atau bermanfaat untuk barang digital. Dan barang digital adalah barang yang dikirimkan melalui jaringan digital seperti internet dan website.

         Dalam dunia e-commerce juga terdapat tips & trik agar sebuah perusahaan digital dapat berkembang menjadi lebih besar. Sebenarnya apa saja yang menjadi acuan para pengusaha tersebut sehingga dapat mengembangkan dan membesarkan perusahaannya dalam pemasaran online?

         Berpikirlah seperti pelanggan, menurut Katie Melissa (pakar e-commerce dunia kategori produk seperti jam tangan dan kacamata hitam) kita perlu melatih diri untuk berpikir seperti pelanggan.

         Aktif menggunakan email dan media sosial, tipsnya untuk pengusaha e-commerce harus bisa membangun branding serta relasi yang baik dalam media sosial karena penggunaan media sosial yang ramai dapat menjadi tempat promosi yang bagus.

         Learning by Doing, artinya jangan takut mengalami kegagalan dalam mencoba hal baru, karena kegagalan menciptakan peluang untuk belajar dan setiap kegagalan adalah satu langkah maju menuju kesuksesan.

         Jual dengan cara yang unik, Ashley Wright seorang pengusaha e-commerce yang mengelola beberapa toko sekaligus mengelola sebuah grup Facebook mengatakan bahwa sebagai penjual kita harus mengenal produk kita lebih dalam sehingga terdapat segala sudut dari produk tersebut yang dapat menjadi nilai jual yang unik dimata pelanggan.

         Maka dari itu, e-commerce merupakan suatu jenis dari mekanisme bisnis secara elektronik yang berfokus pada transaksi bisnis dengan pemanfaatan internet (teknologi berbasis jaringan digital) sebagai media pertukaraan barang atau jasa baik antara dua buah institusi (bisnis dengan bisnis) dan konsumen langsung (bisnis dengan kostumer), melewati kendala ruang dan waktu yang selama ini merupakan hal-hal yang dominan.


Sumber: www.researchgate.net koinworks.com
Sumber Foto: webbiquity.com
Penulis: Muhammad Fiqri Ramadhan

E-Commerce Sebagai Media Bisnis di Era Digital E-Commerce Sebagai Media Bisnis di Era Digital Reviewed by LPM Lensa Poliban on Senin, Desember 26, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar