Poliban Adakan Musala Sementara Selama Renovasi Berlangsung

         Memiliki tempat ibadah yang nyaman dan strategis untuk melaksanakan ibadah tentu perlu diperhatikan. Guna memperlancar aktivitas keagamaan dan meningkatkan kualitas tempat ibadah lebih nyaman bagi warga Poliban, maka dari itu perkiraan bulan September 2022 yang lalu sudah terlihat jelas bahwa musala Poliban mulai ada pergerakan renovasi yang mana sebelumnya terlihat hanya dibangun pondasinya saja.

         Selama renovasi berlangsung, para mahasiswa mulai mencari musala sementara melaksanakan shalat. Musala sementara semula berada di gedung pusat Poliban atau lebih dikenal gedung akademik di lantai 2 kini dipindahkan ke tempat Jaringan Tegangan Rendah tidak jauh dengan lokasi musala sebelumnya yang masih di renovasi. Melihat perpindahan musala sementara tersebut mengundang pertanyaan mengapa alasan dipindah ke Jaringan Tegangan Rendah?

         H. Mairijani, M.Ag, selaku pembina LKI Al-Ikhlas Poliban menjelaskan bahwa, “Akses menuju tempat ibadah atau musala semula di gedung akademik kami perhatikan bahwa akses menuju kesana cukup jauh bagi mahasiswa dengan jarak antar kelas mereka menuju akademik berada di lantai 2. Dan kami lihat juga yang shalat di sana tidak banyak mungkin karena mahasiswa sungkan untuk naik ke atas apalagi di sana itu gedung pusatnya Poliban. Yang namanya musala tempat untuk beribadah kalau bisa adalah tempat yang menjadi akses paling dekat kepada seluruh warga Poliban. Atas dasar itu, kami dari pengurus musala menyampaikan kepada pihak Direktur untuk diadakan tempat khusus musala sementara selama musala masih tahap renovasi.”

         “Setelah kami perhatikan, ada alternatif tempat yang paling memungkinkan itu adalah di Jaringan Tegangan Rendah lalu kami laporkan kepada Direktur dan beliau menerima apa yang menjadi masukkan kami. Aspek-aspek keselamatan dinilai aman karena hanya tegangan rendah saja. Alhamdulillah beberapa hari kemudian pihak Direktur berkoordinasi dengan bagian rumah tangga Poliban menyiapkan musala sementara yang sederhana karena sifatnya hanya sementara dibantu oleh pengelola musala berkoordinasi dengan UKM Lembaga Kajian Islam (LKI) Al-Ikhlas Poliban. Pihak UKM LKI Al-Ikhlas turut membantu bergotong royong dalam penyiapan sarana dan prasarana yang diperlukan untuk membangun musala sementara di Jaringan Tegangan Rendah.” jelasnya ketika diwawancarai reporter LPM Lensa (1/12/2022).

         H. Mairijani juga berharap walaupun musala yang saat ini bersifat sementara kegiatan shalat berjamaah harus tetap berjalan seperti biasanya. “Sebenarnya masing-masing jurusan sudah ada tempat shalat masing-masing. Tetapi kami ingin ada satu tempat yang disitu menjadi akses utama sehingga semua jurusan bisa melaksanakan shalat ditempat yang khusus utama. Supaya memudahkan mahasiswa berkumpul di sana. Dibandingkan mungkin mereka mencari tempat di gedung masing-masing juga terbatas. Kadang-kadang mahasiswa setelah kuliah langsung keluar gedung. Lalu mereka bingung mau shalat dimana.”

         Ia juga menambahkan semoga dengan adanya renovasi musala ini nantinya dapat menjadi tempat yang lebih representatif daripada musala yang dulu karena pembangunan saat ini dilihat cukup besar sehingga nantinya bisa mengakomodir pelaksanaan salat berjamaah yang lebih semarak kedepannya.

         “Insya Allah, musala diperkirakan selesai satu bulan lagi menjelang tahun baru 2023. Dengan adanya musala yang baru akan kita giatkan kembali kegiatan salat berjamaah, kultum termasuk berkoordinasi dengan UKM LKI Al-Ikhlas.” tutupnya.


Reporter: Rayhan Azhar dan Marcel Abel Nathanael

Poliban Adakan Musala Sementara Selama Renovasi Berlangsung Poliban Adakan Musala Sementara Selama Renovasi  Berlangsung Reviewed by LPM Lensa Poliban on Selasa, Desember 06, 2022 Rating: 5

Tidak ada komentar