BEM Poliban Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Tanjung Harapan

         Membawa nama Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) selaku panitia penyelenggara, adakan Pengabdian dan Pemberdayaan Kepada Masyarakat (PPKM) dengan mengusung tema “Bersama BEM Poliban Wujudkan Aksi Nyata ke Masyarakat”.

         Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari pada 7 - 8 Januari 2023 berlokasi di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini diikuti sekitar 50 orang, dari pengurus BEM Poliban dan Eksekutif Muda. Tak hanya itu, pihak panitia juga bekerja sama dengan organisasi mahasiswa kampus meliputi Dewan Perwakilan Mahasiswa, volunteer dari mahasiswa umum, serta perwakilan dari Himpunan Jurusan Poliban.

          Menurut Solehudin selaku ketua pelaksana PPKM mengatakan, dipilihnya Desa Tanjung Harapan sebagai tempat pengabdian karena tempatnya yang tidak terlalu jauh dari Kota Banjarmasin. Alasan lainnya, yakni desa ini sangat mendukung dan memenuhi segala aspek yang pihaknya inginkan selama berkegiatan.

          Kegiatan pada Sabtu (7/1), melaksanakan upacara pembukaan di Desa, selanjutnya ramah tamah serta memperkenalkan Poliban kepada warga dilanjutkan sosialisasi “Digital Marketing” dengan pemateri dosen dari jurusan Administrasi Bisnis yaitu Khairul Anwar bekerja sama melalui Himpunan Mahasiswa Bisnis, di waktu yang sama pula mereka mengadakan sosialisasi mengenai “Pentingnya Menabung” dan lomba cerdas cermat bersama anak - anak yang ada di desa. Kemudian dilanjutkan dengan pemasangan dan perbaikan lampu penerangan jalan dengan dipasangnya 3 titik serta perbaikan 2 titik, di sini Himpunan Mahasiswa Elektro ikut andil dalam pelaksanaan kegiatan ini. Setelah shalat Ashar, seluruh peserta PPKM melakukan pembersihan musala dan masjid, selanjutnya di malam hari dilaksanakannya nonton bareng bersama warga desa Tanjung Harapan.

          Pada hari terakhir PPKM, Minggu (8/1), melaksanakan senam bersama dengan warga untuk menciptakan silaturahmi yang baik antara peserta PPKM dan warga sekitar, dilanjutkan membersihkan desa serta pemberian beras kepada warga desa.

          “Alhamdulillah, berterima kasih atas kegiatan mahasiswa - mahasiswi yang dilakukan di desa kami,” ungkap Suriadi selaku Kepala Desa Tanjung Harapan. Ia juga berharap agar masyarakat desa bisa mencontoh mahasiswa dalam hal gotong royong serta memotivasi anak-anak desa agar dapat menempuh pendidikan tinggi.

         Adapun harapan dari ketua pelaksana PPKM kali ini yakni, “Bahwa terlaksananya PPKM sendiri, semoga apa yang kami beri bisa bermanfaat bagi desa ini khususnya fasilitas yang penerangan lampu jalan dan dapat dijaga dengan baik, serta salah satu harapan lainnya itu semoga dengan adanya pengabdian ini kita membuat relasi baru dan dapat bersilaturahmi dengan baik.”


Reporter: Nur Muhammad Fikri dan Nor Nabila

BEM Poliban Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Tanjung Harapan BEM Poliban Adakan Pengabdian Masyarakat di Desa Tanjung Harapan  Reviewed by LPM Lensa Poliban on Selasa, Januari 10, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar