Sambut Bulan K3 Nasional, Poliban dengan Satpol PP dan Damkar Kalsel Adakan Sosialisasi “Fire Fighting”

         Untuk menyambut Bulan Keamanan, Kesehatan, dan Keselamatan (K3) Nasional yang berlangsung dari 18 Januari hingga 22 Februari 2023. Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bersama Pemadam Kebakaran (Damkar) Provinsi Kalimantan Selatan mengadakan sosialisasi “Fire Fighting” di halaman Program Studi (Prodi) D3 Teknik Alat Berat, Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Banjarmasin yang dilaksanakan pada Selasa, 24 Januari 2023.

         Kegiatan sosialisasi ini merupakan kerja sama antara Prodi D3 Teknik Alat Berat Poliban dengan Satpol PP dan Damkar Kalsel yang bertujuan untuk memberikan pembekalan berupa ilmu pencegahan terjadinya bahaya kebakaran.

         “Diadakannya sosialisasi ini tujuannya untuk menyebarkan ilmu safety mengenai penanganan kebakaran karena ini sangat penting khususnya pada bidang industri, bahaya ledakan atau hal-hal yang dapat menimbulkan api itu tentunya dapat terjadi dimanapun. Dengan adanya sosialisasi ini mahasiswa khususnya dari Prodi Teknik Alat Berat bisa menambahkan pengalaman dan pembekalan bagaimana menangani sesuatu yang menimbulkan api dan melatih untuk tidak panik saat hal itu terjadi, sekaligus menunjukkan bahwa kampus kita Poliban selalu memperhatikan dan intens dalam memberikan pemahaman betapa pentingnya safety atau K3.” tutur Wakil Direktur IV Bidang Kerjasama Poliban H. M. Syafwansyah Effendi, ST, MT.

         Kegiatan ini dihadiri oleh mahasiswa Prodi D3 Teknik Alat Berat, satuan pengamanan Satpol PP dan Damkar, dan perwakilan karyawan Poliban.

         Materi yang diberikan dalam sosialisasi ini berupa apa saja bahan pemicu kebakaran hingga praktik teknis bagaimana memadamkan api dengan alat sederhana. Tentunya kegiatan seperti ini sangat berguna bagi mahasiswa yang bergerak pada bidang industri.

         “Acara ini sebenarnya bisa diikuti oleh seluruh mahasiswa Poliban namun disayangkan karena waktunya bertabrakan dengan jadwal UAS jadi tidak banyak mahasiswa yang bisa ikut sosialisasi ini, jika nanti diadakan lagi sosialisasi mengenai K3 kita bisa mengajak seluruh mahasiswa Poliban.” ungkap Wakil Direktur IV.

         Ia menjelaskan bahwa sebelumnya sosialisasi seperti ini sudah ada di Poliban hanya saja di tahun sebelumnya karena maraknya penyebaran Covid-19 pelaksanaan kegiatan seperti ini tidak bisa diadakan. Memasuki masa new normal, akhirnya kegiatan sosialisasi seperti ini bisa diselenggarakan dan direncanakan akan terus berlanjut guna menambah pembekalan bagi mahasiswa Poliban.

         Ia juga memberikan harapan kedepannya untuk kegiatan sosialisasi ini. “Kedepannya diharapkan sosialisasi-sosialisasi seperti ini terus diadakan guna menambah ilmu para mahasiswa mengenai pentingnya safety dan K3 pada dunia kerja, apa lagi melihat antusias mahasiswa yang mengikuti acara sosialisasi fire fighting hari ini. Semoga adanya pembekalan yang seperti ini dapat membantu mereka kedepannya di dunia kerja.”


Reporter: Asdar dan Chindy Wulandari

Sambut Bulan K3 Nasional, Poliban dengan Satpol PP dan Damkar Kalsel Adakan Sosialisasi “Fire Fighting” Sambut Bulan K3 Nasional, Poliban dengan Satpol PP dan Damkar Kalsel Adakan Sosialisasi “Fire Fighting” Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, Januari 26, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar