Simak Perbedaan Tes TOEFL dan Tes TOIEC dan Manfaatnya!

         Bahasa Inggris kini menjadi bahasa yang penting untuk dipelajari, apalagi untuk kita yang ingin bekerja atau ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri. Untuk melanjutkan Pendidikan di luar negeri ada banyak tes yang harus kita lakukan terutama Tes TOEFL atau Tes TOIEC.

         Namun, banyak orang yang belum tahu perbedaan dari kedua tes tersebut. Yuk sama-sama kita pahami perbedaan dari kedua tes tersebut.

Tes TOEFL

         Tes TOEFL (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes untuk mengukur kemampuan dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar pada proses pendidikan di tingkat perguruan tinggi di luar negeri. Kegunaan TOEFL ini untuk menilai kemampuan berbahasa Inggris kita secara akurat. Semakin tinggi skor yang kita dapat, maka semakin baik pula kemampuan berbahasa Inggris yang kita miliki.

         Dalam tes TOEFL terdapat empat aspek yang akan diuji, yakni listening (mendengarkan), reading (membaca), speaking (berbicara), dan writing (menulis).

Tes TOEIC

         Pengertian Tes TOEIC (Test of English for International Communication) merupakan tes bahasa Inggris untuk komunikasi internasional. Tes ini dirancang khusus untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris orang-orang yang bekerja di lingkungan internasional. Tes TOEIC ini cocok untuk mereka yang ingin bekerja di perusahaan internasional. Pada tes TOEIC terdapat 2 aspek yang akan diujikan yakni, reading (Membaca) dan listening (Mendengarkan).

         Untuk pengerjaan Tes TOEFEL memiliki durasi waktu kurang lebih selama 4 jam. Sedangkan dalam TOEIC hanya 2 jam.

         Pada kedua tes ini tidak ada kata tidak lulus, dikarenakan setiap perusahaan atau perguruan tinggi di luar negeri memiliki standar tersendiri dalam menentukan hasil nilai tes. Biasanya, nilai tes TOEFL yang menjadi standar yakni di atas 500 sedangkan untuk TOIEC nilai yang menjadi standar yaitu 700.

         Sedangkan masa waktu untuk kedua sertifikat ini adalah 2 tahun.

         Itulah perbedaan dari Tes TOEFL dan Tes TOEIC sama – sama mengukur kemampuan berbahasa Inggris tetapi memiliki format pengerjaan yang berbeda.


Penulis: Dita
Sumber: Google.com

         

Simak Perbedaan Tes TOEFL dan Tes TOIEC dan Manfaatnya! Simak Perbedaan Tes TOEFL dan Tes TOIEC dan Manfaatnya! Reviewed by LPM Lensa Poliban on Selasa, Januari 31, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar