DEPMA Poliban Adakan Sosialisasi Jelang Pemilu Raya 2023

     Pemilu Raya merupakan agenda penting setiap tahunnya dengan tujuan pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa Badan Eksekutif Mahasiswa. Sehubungan akan dilaksanakannya Pemilu Raya 2023, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DEPMA) mengadakan Sosialisasi 1 Pemilu Raya 2023 pada Rabu, 15 Februari 2023 dengan tema “Pemilu Raya Mahasiswa sebagai Pendidikan Demokrasi dalam Mewujudkan Pemimpin Adil, Bermoral, Bermartabat, dan Aspiratif” yang bertempat di ruang Auditorium Gedung UPT TIK Politeknik Negeri Banjarmasin dan dihadiri oleh Joni Riadi, S.ST., M.T. selaku Direktur Poliban, Ketua Dewan Senat Drs. Feriyadi, M.T., Badan Eksekutif Mahasiswa, serta perwakilan Organisasi Mahasiswa (Ormawa) yang ada di Politeknik Negeri Banjarmasin.

     Tujuan diadakannya kegiatan Sosialisasi 1 Pemilu Raya 2023 ini menyampaikan kepada para ormawa yang ada di Politeknik Negeri Banjarmasin mengenai pemilu raya untuk Calon Presiden Mahasiswa (CAPRESMA) dan Calon Wakil Presiden Mahasiswa (CAWAPRESMA) Badan Eksekutif Mahasiswa tahun 2023–2024 agar bisa segera menyiapkan orang–orang yang akan didelegasikan menjadi Presiden Mahasiswa maupun wakil Presiden Mahasiswa.

     Dalam penyampaian Sosialisasi 1 Pemilu Raya 2023, DEPMA selaku panitia pemilu raya menyampaikan beberapa pemaparan materi seperti Undang-Undang Delegasi dan Dasar Pelaksanaan Pemilu Raya yang terdiri dari aspek filosofis, aspek sosiologis, serta aspek yuridis.

     Pada sosialisasi ini juga disampaikan mengenai rangkaian dan tahapan Pemilu Raya 2023 yang dimulai dari 15 Februari hingga 26 Maret 2023 yang terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan seperti Sosialisasi 1, Tes Tertulis, Tes Wawancara, Pengumuman Kandidat, Pencarian Koalisi, Sosialisasi 2, Kampanye, Debat, Masa Tenang, Voting, dan Pengumuman Hasil Voting sebagai penutup kegiatan Pemilu Raya 2023.

     Selain itu, juga disampaikan mengenai kriteria umum dan kriteria khusus CAPRESMA dan CAWAPRESMA Badan Eksekutif Mahasiswa serta persyaratan administrasi yang harus dipenuhi. Adapun kriteria umum CAPRESMA dan CAWAPRESMA Badan Eksekutif Mahasiswa tahun 2023 – 2024 yaitu :
1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2. Terdaftar sebagai mahasiswa aktif Politeknik Negeri Banjarmasin.
3. Berkepribadian baik dan bertanggung jawab.
4. Memiliki dedikasi dan loyalitas yang tinggi terhadap kegiatan mahasiswa POLIBAN.
5. Warga Negara Indonesia.
6. Taat kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945 sebagai Dasar Negara.
7. Sehat jasmani dan rohani.

     Sedangkan, kriteria khusus CAPRESMA dan CAWAPRESMA Badan Eksekutif Mahasiswa tahun 2023 – 2024 yaitu :
1. CAPRESMA wajib berada di semester 4 bagi yang menempuh pendidikan D3. Boleh berada di semester 4 atau 6 bagi yang menempuh pendidikan D4 serta berada di tingkatan II organisasi internal kampus.
2. CAWAPRESMA wajib berada di semester 2 bagi yang menempuh pendidikan D3. Boleh berada di semester 2 atau 4 bagi yang menempuh pendidikan D4, serta berada di tingkat I organisasi internal kampus.
3. CAPRESMA dan CAWAPRESMA yang terpilih tidak boleh berasal dari delegasi yang sama.
4. Tidak sedang menjalani proses hukum.
5. Bersedia untuk dipilih.
6. Tidak sedang menjadi posisi penting (Ketum, Waketum, dan Fungsionaris) di ormawa (dalam lingkup internal POLIBAN).
7. Berpengalaman dalam berorganisasi.

     Adapun persyaratan administrasi yang harus dipenuhi oleh CAPRESMA dan CAWAPRESMA Badan Eksekutif Mahasiswa tahun 2023-2024 sebagai berikut :
1. Formulir data diri.
2. Surat mandat dari ketua umum ormawa masing-masing.
3. Surat izin orang tua.
4. Surat pernyataan bebas hukuman.
5. Fotocopy Sertifikat PKKMB 1 (satu) lembar.
6. Fotocopy KTM 1(satu) lembar.
7. Fotocopy KTP 1(satu) lembar.
8. Surat Aktif Perkuliahan.
9. Fotocopy SK Kepengurusan dari ormawa masing-masing.
10. Surat keterangan aktif berorganisasi atas persetujuan Ketua Umum.
11. Surat keterangan sehat (Puskesmas ataupun layanan Kesehatan lainnya).
12. Pas photo berwarna 3x4 menggunakan kemeja putih + almamater + latar biru sebanyak 2 lembar dan softcopy (kirim ke email DEPMA Poliban yaitu depma.poliban@gmail.com).
13. Semua berkas softcopy dibuat dalam bentuk PDF diberi NAMA, NIM dan NAMA ORMAWA pada bagian judul file PDF (kirim ke email DEPMA Poliban yaitu depma.poliban@Gmail.com).
14. Semua berkas dimasukkan di dalam map diberi NAMA, NIM dan NAMA ORMAWA pada bagian depan map. Map biru untuk CAPRESMA dan map hijau untuk CAWAPRESMA.

     Untuk pengumpulan Formulir Softcopy dikumpulkan paling lambat pada hari Selasa, 21 Februari 2023 di email DEPMA Poliban. Sedangkan, Formulir Hardcopy dikumpulkan paling lambat pada hari Jum'at, 24 Februari 2023 di tempat Tes Tertulis.

     DEPMA juga memberitahukan untuk sistem pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa akan dilaksanakan menggunakan sistem Electronic Voting (e-Voting) dikarenakan pada tahun-tahun sebelumnya pemungutan suara secara offline tidak efektif yang mengakibatkan banyak mahasiswa tidak memilih atau golongan putih. Selain itu, disampaikan bahwa rencananya sistem pemilihan Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa dilaksanakan pada Sistem Informasi Terpadu (SIMPADU) Poliban yang mana e-voting tersebut akan berbentuk seperti kuesioner, jika mahasiswa belum mengisi kuesioner tersebut maka akan berakibat tidak bisa akses SIMPADU. Selain itu, DEPMA juga memiliki rencana cadangan untuk melakukan e-voting yaitu dengan menggunakan website tersendiri apabila batal menggunakan SIMPADU.

     Terakhir, Muhammad Fathur Rahman Siddiq selaku Presiden Mahasiswa periode 2022/2023 menyampaikan harapannya (15/2). “Harapannya semoga Pemilu Raya 2023 dapat berjalan sesuai dengan demokrasi, tidak terulang kembali kejadian di tahun kemarin yang mana kekurangan calon Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa berakibat timeline menjadi panjang, dan jangan sampai di tahun ini terulang kembali terjadinya aklamasi, semoga Pemilu Raya 2023 ini dapat benar-benar dilakukan secara demokrasi, voting, dan terpilihnya Presiden Mahasiswa dan Wakil Presiden Mahasiswa yang baru.”


Penulis: Muhammad Saufi
Foto: Dokumentasi DEPMA Poliban

DEPMA Poliban Adakan Sosialisasi Jelang Pemilu Raya 2023 DEPMA Poliban Adakan Sosialisasi Jelang Pemilu Raya 2023 Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, Februari 16, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar