Laksanakan Sosialisasi PKM, PKM Center Poliban: Tahun Ini Utamakan Kualitas Proposal

         PKM Center Poliban laksanakan sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang berlangsung pada Jumat (3/2), bertempat di Ruang UPT TIK Lantai 3 Politeknik Negeri Banjarmasin.

         Sosialisasi ini dimulai dengan pembukaan kegiatan oleh Dra Hj. Nurhidayati M.P.d. selaku Wakil Direktur III Politeknik Negeri Banjarmasin, dilanjutkan dengan pemaparan Materi mengenai Kegiatan Sosialisasi beserta pedoman PKM oleh narasumber pertama yaitu Ir. Ma’un Budiyanto, S.T.,M.T. selaku reviewer Nasional, Pembina PKM Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

         Kemudian materi kedua mengenai Topik dan Judul Proposal PKM yang Berpeluang Lolos Pendanaan Nasional oleh Reviewer Nasional, Politeknik Negeri Banjarmasin, Isna Wardiah, SPd., Mpd., diakhiri dengan materi yang ketiga mengenai Mekanisme Pengajuan Proposal PKM oleh Pembina PKM Center, Politeknik Negeri Banjarmasin, Aulia Akhrian Syahidi,. M.Kom.

         Sosialisasi ini dilaksanakan sebagai gambaran awal dalam mengetahui dan memahami mengenai PKM serta untuk mengetahui dan menggali ide hingga berupaya dalam menemukan rekan mahasiswa lainnya yang juga memiliki minat yang sama untuk mengikuti kegiatan PKM.

         Selain itu, juga bertujuan untuk mempersiapkan sumber daya mahasiswa yang berorientasi ke masa depan dan ditempa dengan transformasi Pendidikan Tinggi sehingga menjadi lulusan yang unggul, kompetitif, adaptif, fleksibel, produktif, berdaya saing dengan karakter Pancasila, serta memandu mahasiswa menjadi pribadi yang tahu, taat aturan, kreatif, inovatif, objektif dan kooperatif dalam membangun keragaman intelektual.

         Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini tentunya membuat para mahasiswa/i memahami dan mempelajari lebih mengenai PKM, ini merupakan salah satu upaya menumbuhkan kreativitas dan inovasi mahasiswa yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dalam membentuk karakter dan keterampilan berpikir.

         Pembina PKM Center Poliban, Aulia Akhrian Syahidi,. M.Kom, mengatakan bahwa jatah proposal PKM pada tahun ini hanya 50 proposal yang berkualitas untuk dapat diajukan ke Simbelmawa, dikarenakan menyesuaikan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Lembaga (RKA-KL).

         Dalam hal ini tidak lagi berpatokan pada kuantitas proposal yang berhasil disubmit, akan tetapi berpatokan pada kualitas sehingga akan akan ada penurunan jumlah proposal yang masuk agar lebih intens untuk berfokus pada kualitas proposal.

         PKM merupakan salah satu wujud implementasi Tridharma Perguruan Tinggi di bawah pengelolaan Belmawa yang menjadi salah satu upaya untuk menumbuhkan, mewadahi, dan mewujudkan ide kreatif serta inovatif mahasiswa. PKM memberikan dampak positif bagi peningkatan prestasi mahasiswa maupun Perguruan Tinggi dalam pemeringkatan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Dalam upaya mengakomodasi perkembangan ide kreatif dan inovatif mahasiswa, PKM terus dikembangkan dan disempurnakan sehingga mahasiswa mampu memahami, berpartisipasi bahkan berkontribusi.

         “Selama masa pandemi di tahun 2021-2022 terkendala pada koordinasi dikarenakan sulitnya komunikasi secara daring mulai dari sosialisasi sampai pada tahap lanjutannya. Tentunya pada tahun ini pelaksanaannya secara luring, mahasiswa/i lebih mudah berinteraksi dan lebih mudah memahami isi materi yang telah disampaikan. Dengan terselenggaranya sosialisasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) ini diharapkan mahasiswa/i yang ingin bergabung dengan PKM bisa menularkan prestasi yang sudah dicapai sebelumnya serta tim PKM kedepannya memperhatikan pedoman penulisan, dan menemukan inovasi-inovasi terbaru. Semoga kita bisa memasukan proposal PKM dengan memperhatikan kualitas yang bagus dan mampu bersaing dengan kampus- kampus yang lain.” harap Aulia Akhrian Syahidi,. M.Kom. selaku Pembina PKM Center Poliban.


Reporter: Fatimah

Laksanakan Sosialisasi PKM, PKM Center Poliban: Tahun Ini Utamakan Kualitas Proposal Laksanakan Sosialisasi PKM, PKM Center Poliban: Tahun Ini Utamakan Kualitas Proposal Reviewed by LPM Lensa Poliban on Sabtu, Februari 04, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar