Poliban Luncurkan Perpustakaan Digital, Mudahkan Mahasiswa Membaca Kapanpun dan Dimanapun!

     Setelah adanya usulan dari tahun 2021 akhirnya Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) mempunyai perpustakaan digital berbasis aplikasi dan telah dapat diakses melalui google play store. Adapun nama aplikasi ini “Poliban Digital Library”, aplikasi ini dikelola oleh UPT Perpustakaan di Poliban dikarenakan pada saat ini zaman sudah semakin modern, oleh sebab itu adanya perpustakaan berbasis digital ini agar mahasiswa maupun dosen yang ada di Poliban dapat membaca kapanpun dan dimanapun.

     Selain itu juga alasan UPT Perpustakaan meluncurkan perpustakaan digital ini, mengingat perpustakaan yang ada di Poliban tempatnya kecil supaya bukan hanya buku – buku yang fisik saja dan tentunya untuk menghemat ruangan yang ada di UPT Perpustakaan dan pastinya mengikuti kemajuan teknologi. Tepatnya pada November 2022 diluncurkan Poliban Digital Library ini, namun untuk sosialisasi ke mahasiswa umum memang masih proses dan nantinya akan ada pemberitahuan juga ke jurusan yang ada di Poliban agar mahasiswa juga mengetahui hal ini.

     Adapun langkah Poliban Digital Library ini dimulai dari mendownload aplikasi melalui google play store namun belum tersedia di app store untuk solusinya dapat menggunakan laptop, kemudian mendaftar menggunakan email maupun facebook, lalu di dalam aplikasi tersebut ada beberapa fitur di bagian beranda termuat aktivitas, buku, video, audio, bagian linimasa yaitu nama pengguna dan buku yang dipinjam serta bagian profil termuat nama pengguna, tinjau profil, foto profil, rak pinjam, pertemanan hingga bantuan. Adapun untuk peminjaman rak pinjam ini tidak ada persyaratannya cukup untuk terdaftar aplikasi kita sudah dapat meminjam buku yang ada di Poliban Digital Library serta untuk peminjaman itu selama 3 hari lebih dari 3 hari buku otomatis dikembalikan.

     Untuk koleksi digital sendiri masih terbatas serta lebih banyak buku cerita pendek, namun untuk pelajaran itu tersedia tidak sebanyak buku fisik yang ada di perpustakaan. Untuk aplikasi sendiri sudah rampung untuk dipakai, jadi mahasiswa maupun dosen dapat menggunakan aplikasi Poliban Digital Library, dan rencananya tahun 2023 ini UPT Perpustakaan untuk memasukkan koleksi Tugas Akhir mahasiswa karena terbatasnya sumber daya manusia yang ada di UPT Perpustakaan.

     Selain itu harapan yang dilontarkan Asrani selaku Pustakawan di UPT Perpustakaan Poliban “harapan kami yang utama dulu mahasiswa, dosen, maupun civitas akademika dapat memanfaatkan dengan adanya Poliban Digital Library ini supaya dimanfaatkan sebaik – baiknya, karena satu judul itu ada beberapa softfile dan sekitar ada 500 judul serta 2000 eksemplar”. Selain itu pula, bagi mahasiswa yang ingin mengetahui judul koleksi yang tersedia di UPT Perpustakaan Poliban dapat mengakses melalui website resminya yaitu perpustakaan.poliban.ac.id, untuk memudahkan mahasiswa mencari judul buku yang ada di perpustakaan tersebut.


Penulis: Nor Nabila

Poliban Luncurkan Perpustakaan Digital, Mudahkan Mahasiswa Membaca Kapanpun dan Dimanapun! Poliban Luncurkan Perpustakaan Digital, Mudahkan Mahasiswa Membaca Kapanpun dan Dimanapun! Reviewed by LPM Lensa Poliban on Rabu, Februari 22, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar