Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Hadir di Poliban, Siap Lahirkan Startup Baru

 

        Dalam rangka visi "Indonesia Digital Nation 2045”, salah satu target transformasi digital adalah mencetak 5.000 startup. Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) berusaha untuk mendorong para wirausahawan atau entrepreneur muda agar mampu mengembangkan dan mengkreasikan startup digital. Melalui Roadshow Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital, yang salah satunya digelar di kota Banjarmasin bersama dengan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban).

        Mengusung tema "Inovasi Digital Kreatif Dalam Membangun Kalimantan Selatan", Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diadakan guna mempersiapkan masyarakat untuk mentransformasikan daerah-daerah yang ada di Indonesia guna melahirkan inovasi-inovasi baru untuk memajukan ekonomi digital di Indonesia khususnya di daerah Kalimantan Selatan. Program ini mempunyai tiga fokus utama yaitu, mengembangkan talenta startup digital yang berkualitas, mendorong terciptanya solusi digital untuk permasalahan lokal, membangun ekosistem startup digital yang kolaboratif dan inklusif.

Dalam Roadshow ini diadakan sesi diskusi panel bersama lima panelis yang dipandu oleh moderator yaitu Riza Akhyari S.Kom., MM selaku Ketua Yayasan Startup Borneo, dengan lima panelis diantaranya Ahmad Dadang Sugian Noor S.Hut, M.S, selaku Kepala Bidang Aplikasi Informatika Dinas Kominfo Provinsi Kalimantan Selatan, Abdul Rozaq, M.M., M.Kom. selaku Kaprodi D3 Manajemen Informatika Politeknik Negeri Banjarmasin, M. Budirrahman, S.Si, selaku Co Founder Food Startup Lokal Madina Chicken, Abu Bakar Halid selaku CEO & CTO satumomen.com dan Prof. Dr. Ahmad Yunani, M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lambung Mangkurat.

Dalam diskusi panel ini para panelis akan berdiskusi mengupas bagaimana perkembangan industri digital dan bagaimana kesiapan Kalimantan Selatan dalam menuju pertumbuhan industri digital. Kemudian, diskusi diakhiri dengan sesi tanya jawab bersama peserta.

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital adalah upaya bahu membahu penggerak ekosistem startup digital Indonesia untuk saling terkoneksi, saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. Program ini mengajak masyarakat untuk menjadikan kegiatan ini menjadi inspirasi dan momen untuk teman-teman inovator muda untuk bisa berinovasi dan melahirkan lebih banyak teknologi-teknologi dan lebih banyak solusi untuk daerah-daerah di Indonesia.

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital mempunyai empat program utama dan empat program pendukung. Dengan empat program utama yaitu, #Hack4ID, Hacksprint, Bootcamp, dan Hatch. Sedangkan empat program pendukung yakni Roadshow, Ignition, Workshop, dan Networking.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2016, dengan mencetak 1.400+ startup dan memfasilitasi lebih dari 100.000 calon founder dengan bantuan dari 1.500+ penggerak dari berbagai sektor dan 500+ mentor dan fasilitator. Pada tahun 2023, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital menginisiasi pembentukan 13 Hub yang akan menjadi pusat pelaksanaan kegiatan dan pembinaan program di daerah. Program ini diharapkan dapat terus menjadi roda penggerak ekosistem digital Indonesia dan melahirkan startup-startup baru yang dapat memberikan solusi bagi permasalahan bangsa.

Untuk mengikuti program-program dari Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat dimulai dari mengunjungi situs dari 1000 Startup Digital kemudian mengunduh aplikasi yang tersedia. Dalam aplikasi tersebut digunakan untuk memperkuat skill-set para peserta untuk dapat membangun startup yang berkelanjutan melalui program sertifikasi keahlian dibantu oleh kelas-kelas daring dan luring.

Walikota Banjarmasin Ibnu Sina dalam sambutannya yang diwakili Windiasti Kartika selaku Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik, “Provinsi Kalimantan Selatan tentunya memiliki potensi besar untuk dapat menjadi bagian integral dari revolusi digital di Indonesia. Karena disini kita juga memiliki sumber daya manusia yang kreatif dan inovatif serta lingkungan yang mendukung untuk tumbuh dan berkembangnya berbagai jenis startup. Dengan adanya gerakan nasional ini, kita memiliki kesempatan emas untuk mendukung perkembangan para pengusaha muda di daerah kita dan memanfaatkan potensi digital untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini kami berharap akan ada lebih banyak generasi muda kreatif dan inovatif di daerah kita yang terinspirasi dan berani memulai startup digitalnya untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan.”

Penulis : Muhammad Zaki

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Hadir di Poliban, Siap Lahirkan Startup Baru Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Hadir di Poliban, Siap Lahirkan Startup Baru Reviewed by LPM Lensa Poliban on Jumat, November 17, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar