Wajah Baru Kajur dan Wadir Poliban! Beginilah Proses Pemilihannya

Setelah dilantik pada (20/11) lalu, Wakil Direktur III, Ketua Jurusan serta Sekretaris Jurusan Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) resmi berganti kepemimpinan. Joni Riadi, selaku Direktur Poliban menjelaskan mengenai sistem dalam pemilihan Wakil Direktur III dan Kepala Jurusan yang ada di Poliban.

Dalam Surat Keputusan mengenai masa jabatan Wakil Direktur III dan Kepala Jurusan Periode 2019-2023 sudah berakhir pada 20 November lalu, serta untuk peralihan jabatan Wakil Direktur III dan Kepala Jurusan ada beberapa proses serta tahapan yang dilakukan untuk menemukan pemimpin yang baru.

Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin, Bapak Joni Riadi mengungkapkan dalam sistem pemilihan Kepala Jurusan yang baru, setiap Jurusan yang ada di Poliban akan melakukan membentuk sebuah kepanitiaan. Berdasarkan Peraturan Direktur, Calon Ketua Jurusan wajib memenuhi syarat umum dan khusus, seperti sebelumnya sudah pernah menjabat sebagai Ketua Lab Jurusan agar menjadi kandidat yang layak sebagai Ketua Jurusan.

Selain itu, pemilihan ketua-ketua Jurusan yang ada di Poliban memiliki beberapa calon Ketua Jurusan, kecuali Jurusan Akuntansi yang hanya memiliki satu kandidat calon. Untuk pemilihan suara dilakukan secara voting/musyawarah mufakat. Apabila dilakukan voting, maka yang boleh memilih hanya yang sudah memiliki Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN). Apabila dengan terpilihnya Ketua Jurusan, maka Ketua Jurusan boleh memilih siapa yang menemaninya dalam satu periode sebagai Sekretaris Jurusan, begitu juga dengan Wakil Direktur yang dipilih secara langsung oleh Direktur.

Adapun harapan Bapak Joni Riadi selaku Direktur Politeknik Negeri Banjarmasin mengenai terpilihnya Wakil Direktur, Ketua Jurusan serta Sekretaris Jurusan yang baru, “Harapan saya terhadap orang-orang yang bakal menemani saya selama satu periode tetap memiliki semangat baru dan tetap meningkat prestasi atau pencapaian yang sudah didapat pada periode lalu. Dan untuk proses belajar-mengajarnya juga diharapkannya juga nanti lebih banyak menggunakan proses belajar secara Project Based Learning (PBL), agar lulusan kita berkualitas dan berstandar industri. Tetapi pastinya, semua ini tidak bisa dibebankan kepada para pimpinan semua, dan harus semua pihak turut serta untuk pencapaian yang maksimal.” 

Penulis : Amelia dan Gusti Tri Handayani
Sumber Foto : Instagram Official Poliban
Wajah Baru Kajur dan Wadir Poliban! Beginilah Proses Pemilihannya  Wajah Baru Kajur dan Wadir Poliban! Beginilah Proses Pemilihannya Reviewed by LPM Lensa Poliban on Kamis, Desember 14, 2023 Rating: 5

Tidak ada komentar