Gandeng Tangan Warga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sesama, HMB Poliban Kembali Gelar Bakti Sosial

Organisasi mahasiswa Himpunan Mahasiswa Bisnis Politeknik Negeri Banjarmasin (HMB Poliban) kembali mengadakan kegiatan Bakti Sosial 2024 pada 20 s.d 21 Januari 2024. Kali ini, HMB Poliban melaksanakan kegiatannya di Desa Sungai Punggu Lama, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala. Kegiatan ini mengusung tema “Bergerak dengan Hati, Wujudkan Kekeluargaan dengan Pengabdian yang Nyata”.

Muhammad Irgi Saputera selaku Koordinator Lapangan Kegiatan Bakti sosial HMB menjelaskan, “Feedback yang akan didapatkan dalam kegiatan tersebut bisa menumbuhkan jiwa kemanusiaan yang berpengaruh pada lingkungan kehidupan mereka kedepannya dan bisa menumbuhkan rasa ikhlas dan toleran terhadap sesama.”


Kegiatan Bakti Sosial melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan mulai dari seminar kewirausahaan, cek kesehatan gratis, penyuluhan kesehatan gigi, pembagian bahan pokok, gotong royong dan sunatan massal gratis. Dari semua kegiatan tersebut pastinya ada tantangan yang dihadapi baik sebelum maupun sesudah kegiatan, salah satunya pada agenda sunatan massal.



Irgi berpendapat bahwa terdapat kesulitan pada satu agenda yang mereka jalankan, “Kami kesulitan dalam mencari peserta kegiatan tersebut karena minimnya informasi disana.” Sehingga upaya yang dilakukan agar kegiatan tersebut tetap terlaksana yaitu dengan menyebarkan beberapa brosur ke setiap desa sekitar wilayah Anjir Muara. Sehingga para peserta bukan hanya terfokus pada Kecamatan Anjir Muara desa Punggu lama, tetapi ada juga dari desa Punggu baru, Kecamatan Belawang desa Sungai seluang dan Sungai seluang pasar, serta dari Kecamatan Jejangkit yaitu desa Cahaya baru.


Sebelum terlaksananya kegiatan ini, panitia pelaksana perlu menyiapkan beberapa hal dengan matang agar kegiatan berjalan dengan lancar dan sesuai apa yang mereka rencanakan. Hal-hal yang mereka persiapkan sebelum berjalannya kegiatan ini mulai dari mencari sponsorship dan media partner, serta melakukan survei ke berbagai tempat.



Untuk memilih lokasi yang tepat, sebelum terpilihnya lokasi bakti sosial yang telah terlaksana mereka terlebih dahulu survei di sekitar wilayah pedesaan Banjarmasin, Pelaihari, dan Batola, sehingga dari beberapa lokasi tersebut terpilihlah Desa Sungai Punggu Lama, Kecamatan Anjir Muara, Kabupaten Barito Kuala karena memenuhi kriteria yang mereka inginkan.


Bakti sosial merupakan kegiatan tahunan yang akan berdampak positif dan berdampak besar bagi warga sekitar. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap sesama yang membutuhkan. Semakin banyak yang peduli maka bantuan untuk mereka yang kurang mampu akan semakin meningkat. 


Penulis : Tajuddin

Gandeng Tangan Warga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sesama, HMB Poliban Kembali Gelar Bakti Sosial  Gandeng Tangan Warga dalam Meningkatkan Kesejahteraan Sesama, HMB Poliban Kembali Gelar Bakti Sosial Reviewed by LPM Lensa Poliban on Rabu, Januari 24, 2024 Rating: 5

Tidak ada komentar